Tuesday, February 18, 2020
Home News Market Update Pasar Smartphone China H1-2020 Diprediksi Merosot

Pasar Smartphone China H1-2020 Diprediksi Merosot

-

Jakarta, Selular.ID – Efek merugikan dari wabah corona pada produsen ponsel dan rantai pasokan mereka akan berdampak kuat pada kinerja Q1.

Counterpoint Research memperkirakan Q1 untuk pasar smartphone China dan total perkiraan pengiriman turun hampir 30 persen dibandingkan dengan perhitungan sebelumnya.

Counterpoint sekarang memperkirakan 63 juta pengiriman smartphone untuk periode Januari-Maret yang merupakan penurunan signifikan dari perkiraan 90 juta pengiriman sebelumnya.

Selain itu, Counterpoint juga memperkirakan penurunan 70% dari tahun ke tahun (YoY) dalam pengiriman smartphone offline untuk periode tersebut.

Penurunan penjualan diyakini mengakibatkan surplus inventaris smartphone untuk produsen yang menjadwalkan peluncuran produk dan pengiriman di Q2 mendatang.

Mungkin butuh dua bulan lagi untuk fasilitas produksi agar kembali ke jalurnya, setelah penutupan paksa pabrik di seluruh negeri.

Merek smartphone lokal diperkirakan akan menerima pukulan terbesar dengan Huawei yang paling menderita karena ketergantungannya yang tinggi pada pasar Cina setelah larangan perdagangan AS.

Oppo dan Vivo juga diproyeksikan kehilangan penjualan yang signifikan sementara konsekuensi untuk Xiaomi, OnePlus dan Realme diperkirakan tidak terlalu parah.

Apple juga diperkirakan akan mengalami perlambatan signifikan dengan penurunan sekitar 1 juta unit yang juga akan berperan dalam rilis iPhone 9 atau SE 2 mendatang.

Secara keseluruhan, efek wabah corona diperkirakan akan dirasakan sepanjang paruh pertama tahun ini karena rantai pasokan harus mengejar ketinggalan produksi untuk memenuhi kuota yang ada.

Meskipun awal yang negatif, Counterpoint memprediksi pasar smartphone global akan bisa mengelola pertumbuhan datar atau penurunan YoY terburuk satu digit untuk tahun 2020.

Latest