Tuesday, February 18, 2020
Home News Market Update Apple Pindahkan Produksi ke Luar China

Apple Pindahkan Produksi ke Luar China

-

Jakarta, Selular.ID – Efek penyebaran virus corona di seluruh dunia tidak hanya dalam bentuk orang sakit tetapi juga secara ekonomi.

Pembatasan yang diberlakukan pemerintah Cina tidak hanya menyebabkan penundaan produksi tetapi perusahaan sudah menyesuaikan prediksi hasil keuangan mereka untuk seluruh kuartal pertama tahun 2020.

Apple adalah salah satu dari ratusan perusahaan yang terjebak dalam jibaku antara virus dan pemerintah. Karena pemasok utama mereka ditutup sementara, satu pabrik tetap ditutup, sementara pabrik yang lainnya bekerja dengan kapasitas 10%, Cupertino harus mengambil langkah berani.

Menurut sumber yang dikutip DigiTimes, solusi Apple adalah mengalihkan pesanan ke fasilitas produksi di Taiwan, yang saat ini bekerja tanpa hambatan.

Sementara negara lain tidak disebutkan dalam laporan, jika situasinya menjadi bertambah parah, Apple memiliki beberapa opsi lain.

Ketika perang dagang antara AS dan Cina menjadi serius, para produsen dengan cepat mulai mencari tempat-tempat baru untuk memindahkan sebagian produksi mereka agar tidak kehilangan pangsa pasar mereka jika ada yang terjadi di selatan.

India dan Vietnam menjadi alternatif Apple, dan pabrik-pabrik baru mungkin hanya dibutuhkan untuk membantu dalam situasi virus korona.

Tindakan putus asa itu terpaksa dilakukan Apple karena tidak seperti kebanyakan tahun lainnya, dimana iPhone dirilis pada bulan September saja, tahun ini ada iPhone yang dijadwalkan rilis pada bulan Maret.

Kami yakin eksekutif Apple telah menghabiskan waktu berhari-hari untuk menentukan tanhgal peluncuran iPhone 9, dan membuat jadwal itu terganggu adalah tidak mungkin.

Tentu saja, Apple belum secara resmi mengumumkan perilisan yang akan datang, termasuk penundaan. Kita hanya bisa menunggu kabar.

Latest