Friday, May 29, 2020
Home News Alasan Pemerintah Pilih Mekanisme Whitelist Untuk Produk BM

Alasan Pemerintah Pilih Mekanisme Whitelist Untuk Produk BM

-

Jakarta, Selular. ID – Pemerintah telah memutuskan aturan metode pemblokiran International Mobile Equipment Identity (IMEI), menggunakan metode whitelist untuk perangkat Handphone, komputer jinjing (laptop) dan tablet (HKT), yang diberlakukan pada 18 April 2020.

Walaupun diketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler, telah melakukan uji coba mekanisme pemblokiran ponsel IMEI secara whitelist dan blacklist.

Uji coba yang dilakukan pada (17-18/2/2020) mekanisme whitelist dilakukan terhadap operator Telkomsel. Sementara uji coba mekanisme blacklist diwakili oleh operator XL Axiata.

Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, mengatakan, bahwa ada alasannya kenapa mekanisme whitelist dipilih.

Menurut dia, jika blacklist masyarakat tetap dapat membeli dulu. “Normally ON, jadi langsung dapat dipakai. Nanti baru dianalisa apakah perangkat itu legal atau tidak legal. Nah kalau ilegal nanti diberi notifikasi baru diblokir. Itu blacklist. Jadi orang hidup dulu, pakai sehari dua hari baru diberikan notifikasi, kemudian diblokir,” ujar Ismail di Jakarta (28/02/20).

Namun, kalau whitelist sejak awal ketika dihidupkan saat memasukkan SIM card langsung tidak dapat sinyal.

Baca Juga : Pemerintah Akhirnya Putuskan Aturan IMEI dengan Mekanisme Whitelist

“Dengan sistem whitelist ini sifatnya preventif, kalau blacklist itu sifatnya korektif. Nah kita tadi memilih sepakat dengan teman-teman operator whitelist,” kata Ismail lagi.

Dengan memilih mekanisme whitelist diharapkan supaya masyarakat tidak terlanjur beli, baru diblokir. Pertimbangannya melindungi kepentingan masyarakat, mitigasi resiko masyarakat yang membeli perangkat kemudian diblokir.

TERBARU

iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris Dunia pada Q1 2020

Jakarta, Selular.ID - Apple bisa dibilang tepat mengambil keputusan untuk merilis iPhone 11 pada...

GoCar Pasang Sekat Pelindung di Era New Normal

Jakarta, Selular. ID - Gojek meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat...

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Latest