Friday, May 29, 2020
Home News Pemerintah Akhirnya Putuskan Aturan IMEI dengan Mekanisme Whitelist

Pemerintah Akhirnya Putuskan Aturan IMEI dengan Mekanisme Whitelist

-

Jakarta, Selular. ID – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan seluruh operator seluler, akhirnya memutuskan metode pemblokiran International Mobile Equipment Identity (IMEI), menggunakan metode whitelist untuk perangkat Handphone, komputer jinjing (laptop) dan tablet (HKT).

Mekanisme whitelist yang diberlakukan yakni memblokir perangkat Black Market (BM) sejak pertama kali hendak tersambung ke jaringan seluler (normally off).

Hal tersebut disampaikan, Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, mekanisme itu dikatakan Ismail akan berlaku mulai 18 April 2020.

Dikatakan Ismail, bagi masyarakat yang saat ini sudah terlanjur membeli perangkat BM, mekanisme ini tidak akan bermasalah, namun ditegaskan Ismail, jika masyarakat membeli, setelah aturan diberlakukan dipastikan perangkat tidak dapat digunakan.

“Bagi masyarakat yang saat ini memiliki perangkat atau ponsel BM, tidak perlu registrasi, namun setelah diberlakukan aturan ini, tentunya jika Anda membeli, dipastikan tidak dapat digunakan, sehingga masyarakat harus kritis dan teliti jika membeli, periksa sebelum membeli,”ujar Ismail, di Jakarta (28/02/20).

Dikatakan Ismail, masyarakat harus melakukan pengecekan IMEI di situs Web Kemenperin, sebelum melakukan pembelian pergkat HKT, melalui toko offline maupun online.

Baca Juga :Aturan IMEI Akan Berlaku 18 April 2020

Seperti diketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler melakukan uji coba mekanisme pemblokiran ponsel ilegal dengan validasi IMEI pada Senin dan Selasa (17-18/2/2020).

Uji coba dilakukan dua operator, untuk
whitelist dilakukan terhadap operator Telkomsel. Sementara uji coba mekanisme black list diwakili oleh operator XL Axiata.

TERBARU

iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris Dunia pada Q1 2020

Jakarta, Selular.ID - Apple bisa dibilang tepat mengambil keputusan untuk merilis iPhone 11 pada...

GoCar Pasang Sekat Pelindung di Era New Normal

Jakarta, Selular. ID - Gojek meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat...

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Latest