Tuesday, February 18, 2020
Home Apps Lebih Banyak Diunduh, TikTok Kalahkan Facebook

Lebih Banyak Diunduh, TikTok Kalahkan Facebook

-

Jakarta, Selular.ID – Platform video, TikTok, berhasil meraih posisi kedua sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang 2019. Adapun perolehan TikTok ini mampu mengalahkan Facebook dan Messenger.

Laporan didapat dari perusahaan riset aplikasi, yakni Sensor Tower. Tercatat, platform video TikTok berhasil bertengger diposisi kedua dengan perolehan 740 juta kali unduhan. Perolehan ini membuat TikTok menyusul WhatsApp diposisi pertama dengan sebanyak 850 juta kali diunduh.

Lebih lanjut, angka ini juga membawa TikTok berada diatas Facebook dan Messenger. Meskipun, WhatsApp masih bertengger diposisi puncak. Hal ini tentunya menjadi kejutan. Pasalnya, Facebook Group sebelumnya berhasil menempati posisi pertama sampai keempat pada 2017.

Baca juga: Kabupaten Tegal Punya Akun TikTok

Namun, sejak 2018, TikTok berhasil menggeser posisi Facebook Group. Pada saat yang sama, Facebook juga meluncurkan aplikasi video, yakni Lasso. Adapun digadang-gadang untuk bersaing dengan TikTok. Bahkan Facebook sengaja menggandeng label musik ternama khusus untuk Lasso.

Langkah Facebook ini justru tak disetujui para ahli. Pasalnya diklaim tak mampu menggantikan TikTok. Akusisi TikTok terhadap Musical.ly dinilai sukses. TikTok dianggap mampu mendulang popularitas yang telah dibangun Musical.ly.

Secara keseluruhan TikTok berhasil membuktikan popularitasnya dengan meraih tahta kedua. Selain itu, laporan dari Sensor Tower mengungkapkan adanya peningkatan sebesar 9,1 persen dari tahun sebelumnya. Adapun perolehan dari App Store sebesar 30,6 miliar dan 84,3 miliar di Google Play. Sedangkan jumlah unduhan aplikasi di seluruh dunia mencapai 114,9 miliar sepanjang 2019.

Latest