Sunday, June 7, 2020
Home Aksesoris Apple Segera Hilangkan Konektor Lightning

Apple Segera Hilangkan Konektor Lightning

-

Jakarta, Selular.ID – European Union (EU) dilaporkan berencana untuk memaksa Apple mengganti konektor Lightning dengan USB-C. Hal ini terkait dengan anggota parlemen Eropa yang memperdebatkan port standar untuk smartphone, tablet dan perangkat portable lain. Seperti dikutip Hindustan Times.

Penetapan port standar ini ditujukan untuk mengurangi sampah dan meningkatkan kenyamanan penggunanya. European Union telah mendorong perusahaan teknologi untuk mengganti konektor menjadi USB-C, namun sejauh ini, upaya tersebut diyakini mengalami kegagalan.

Dengan demikian, sejumlah anggota European Parliament kini tengah berupaya untuk mengesahkan undang-undang yang akan memaksa perusahaan untuk hanya menggunakan satu port di wilayah yang dinaunginya.

Opsi yang diajukan anggota parlemen ini termasuk port micro-USB, konektor khas Apple Lightning dan USB-C yang kini telah lebih umum. Pemungutan suara terkait opsi ini dijadwalkan akan dilakukan pada sesi parlemen selanjutnya.

Apple juga berpendapat bahwa, karena lebih dari satu miliar perangkat Apple telah dikapalkan dengan dukungan port Lightning, regulasi ini akan menghasilkan sampah elektronik dalam volume tidak terhitung, yang tidak baik untuk lingkungan.

Namun belum diketahui terkait rencana EU untuk melakukan sesuatu untuk menghentikan rencana Apple ini.

Baca Juga :Casing Baterai iPhone Bermasalah, Apple Sediakan Penggantian Gratis di Seluruh Dunia

Perlu diketahui Apple telah menggunakan konektor Lightning di smartphone karyanya sejak tahun 2012 lalu, dan hingga saat ini belum berencana untuk menggantinya dengan USB-C meski pengguna telah meminta hal tersebut.

Namun, dukungan USB- C, bukanlah kabar baru, Apple telah membawa dukungan USB-C ke tablet seperti iPad Pro 2018. Usai iPad, Apple tampaknya menargetkan iPhone sebagai perangkat yang menerima dukungan USB-C tahun ini. Dugaan iPhone tahun ini mendukung USB-C diungkapkan melalui sebuah tweet oleh ChargerLab. Namun, laporan menyebutkan hanya charger saja yang menggunakan USB-C.

TERBARU

Perluas Bisnis, WhatsApp Buka Lowongan Kerja di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Facebook terus melirik pasar Indonesia. Kali ini, platform perpesanan WhatsApp dilaporkan...

Peluncuran iPhone 12 Akan Ditunda

Jakarta, Selular.ID - Usai banyaknya prediksi waktu peluncuran iPhone 12 yang beredar, Apple rupanya...

Samsung Galaxy Note 20 Bakal Dirilis Agustus Tahun ini?

Jakarta, Selular.ID - Meskipun situasi pandemi Covid-19 tak kunjung usai, Samsung dilaporkan bakal tetap...

Latest