Monday, July 13, 2020
Home Apps Airdrop Kolaborasi Vivo, Xiaomi dan Oppo Segera Dirilis

Airdrop Kolaborasi Vivo, Xiaomi dan Oppo Segera Dirilis

-

Jakarta, Selular.ID – Airdrop merupakan fitur transfer data yang tersemat di perangkat Apple. Cara kerja Airdrop, menggunakan kombinasi Bluetooth dan Wi-Fi untuk mengatur kecepatan serta keamanan koneksi antar dua perangkat Apple.

Melihat kepraktisan cara kerja Airdrop, beberapa waktu lalu Xiaomi, Vivo, dan Oppo bekerja sama membuat fitur transfer data mirip Airdrop.

Dikutip Xda Developer, teknologi transfer data mirip AirDrop akan bisa digunakan oleh  pengguna ponsel Xiaomi, Vivo, dan Oppo, dalam waktu dekat.

Pasalnya, baru saja pihak Vivo kembali mengumumkan bahwa fitur tersebut akan tersedia pada bulan Februari 2020 mendatang, dan dapat dicoba oleh pengguna smartphone Vivo, Oppo, dan juga Xiaomi yang mendukung fitur tersebut nantinya.

Fitur transfer data ini menggunakan sistem transfer protokol peer-to-peer dan dapat bekerja hanya dengan satu kali sentuh saja. Jenis data yang ditransfer beragam, mulai dari foto, dokumen, lagu, video, dan lain sebagainya.

Pengguna ponsel dengan sistem operasi Color, FunTouch atau MIUI bisa berbagi data hanya dengan sekali klik, tanpa butuh data seluler. Selain tiga merek tersebut, Realme yang merupakan sub-brand Oppo mengonfirmasi ikut bagian dalam program ini.

Ketiga produsen ponsel tersebut juga menyatakan membuka diri jika ada kompetitor yang tertarik untuk bekerja sama mengembangkan ‘Airdrop’.

Pesaing Airdrop ini disebut bisa mentransfer data hingga kecepatan 20 Mbps.

Kerja sama antar ketiga produsen ponsel ini juga bertujuan untuk memanjakan pengguna Android, agar tidak harus mencari aplikasi pihak ketiga untuk saling transfer data.

Baca Juga :Ini Peningkatan AirDrop pada iPhone 11

Membuat fitur transfer data semacam ini di ekosistem Android cukup sulit karena masing-masing vendor smartphone menggunakan software bikinan sendiri yang tentunya saling berbeda.

Android sebenarnya juga memiliki fitur transfer data bernama Android Beam. Namun, fitur ini melekat pada NFC yang ketersediaannya terbatas dan belum tentu ada di ponsel.

Latest