Beranda Apps Disusupi Bug WhatsApp Bisa Hapus Obrolan Grup

Disusupi Bug WhatsApp Bisa Hapus Obrolan Grup

-

Jakarta, Selular.ID – Masalah bug bukanlah sesaatu yang mengejutkan bagi aplikasi pesan singkat WhatsApp,

Sebelumnya, tepatnya awal tahun 2019, ditemukan sebuah bug yang menyimpan kembali chat WhatsApp yang telah dihapus.

Kini menjelang tutup tahun ditemukan bug yang menysusup obrolan group. Seperti dikabarkan Mashable, Check Point, perusahaan keamanan menemukan kerentanan menyerang obrolan grup.

Menurut Check Point, sang hacker telah mengirimkan pesan destruktif yang menyebabkan obrolan grup terhapus dan grup hilang secara permanen. Bug sangat parah sehingga membuat pengguna yang terpengaruh harus terpaksa menghapus dan menginstal ulang WhatsApp pada perangkat.

Peneliti Check Point yang menemukan cacat ini, menggambarkan bagaimana mereka berhasil mengeksploitasinya. Bug ada dalam cara aplikasi mendeteksi nomor telepon pengguna dan mengubahnya menjadi nama.

Para peneliti dapat mengedit fitur ini dan menambahkannya dengan memasukkan – karakter non-digit – seperti @ atau &.

Satu pesan yang dikirim dalam obrolan grup menyebabkan semua anggota grup mengalami masalah, dengan notifikasi yang meminta untuk menginstal ulang aplikasi untuk memperbaikinya.

Bug itu terungkap sebagai bagian dari program ‘bug bounty’ WhatsApp di mana para pakar teknolog didorong untuk menemukan kekurangan dalam kode aplikasi dan melaporkannya kepada perusahaan, sebagai imbalan atas hadiah.

“Grup tidak dapat dipulihkan setelah kerusakan terjadi dan harus dihapus untuk menghentikan kerusakan. Dan biasanya WhatsApp ada banyak grup penting dengan konten yang berharga,” kata peneliti.

Baca Juga :Bersiap, WhatsApp Tak Lagi Bisa digunakan pada Smartphone Berikut

Sayangnya setelah diinstal ulang, pengguna tidak dapat kembali ke obrolan grup atau mengakses riwayat obrolan grup, dan mengakses riwayat obrolan grup mana pun. Setelah mengetahui kerentanan tersebut, WhatsApp merilis perbaikan dan memberikan update aplikasi.

Check Point mengimbau untuk pengguna WhatsApp memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk melindungi diri dari serangan hacker.

Artikel Terbaru