Tuesday, January 21, 2020
Home Apps Bersiap, WhatsApp Tak Lagi Bisa digunakan pada Smartphone Berikut

Bersiap, WhatsApp Tak Lagi Bisa digunakan pada Smartphone Berikut

-

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp, kini mulai berbenah. Aplikasi perpesanan populer milik Facebook itu tak lagi bisa digunakan dalam smartphone versi lampau.

Kabar ini diketahui dari laman resmi WhatsApp dalam daftar FAQ (Frequently Answer Questions). Adapun telah terkonfirmasi bahwa WhatsApp akan menarik dukungan bagi beberapa smartphone baik Android maupun iOS. Kegiatan ‘Berbenah’ WhatsApp disebut akan dimulai pada 1 February 2020 nanti.

Sementara, bagi pengguna Android, yang terkena dampaknya adalah smartphone dengan sistem dibawah Android 2.3.7 atau Gingerbread. Perlu diketahui, smartphone dengan sistem dibawah itu rilis sebelum tahun 2011. Khusus iOS, WhatsApp akan menutup aksesnya pada perangkat dengan sistem operasi dibawah iOS 8 atau iPhone 4.

Selain tak akan bisa mengunduhnya, pengguna juga tak dapat mengoperasikan WhatsApp. Adapun hal ini dapat terjadi kepada perangkat baik iOS ataupun Android yang sudah terlanjur memiliki WhatsApp sebagai salah satu aplikasi. Meski terdengar cukup kejam, namun WhatsApp telah mengkonfirmasinya sendiri.

Baca juga: WhatsApp Web Akan Kedatangan Fitur Baru

“Beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja” ujar WhatsApp, dikutip dari Engadget, Kamis (12/12).

untuk menghindari penghapusan ini, pengguna disarankan untuk menggunakan sistem Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) atau iOS 9. Tampaknya WhatsApp tak takut kehilangan pengguna yang saat ini jumlahnya mencapai 1 miliyar di 180 negara.

Pasalnya, WhatsApp juga telah berhenti beroperasi dalam semua perangkat Windows Phone. Pemberhentian operasi ini dimulai sejak 31 desember nanti. Artinya hanya tinggal beberapa pekan saja. Sayangnya keputusan ini sudah matang bagi WhatsApp, seperti dalam pernyataan resmi mereka.

“Meskipun perangkat seluler ini telah menjadi bagian penting dari cerita kami, mereka tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa depan. Ini adalah keputusan sulit bagi kami untuk dibuat, tetapi yang tepat untuk memberikan orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai menggunakan WhatsApp.” tulis WhatsApp, dikutip dari Express, Kamis (12/12).

Latest