Sunday, December 15, 2019
Home News Social Media YouTube Music, Cara Baru Cari Lagu 'Tidak Dikenal'

YouTube Music, Cara Baru Cari Lagu ‘Tidak Dikenal’

-

Jakarta, Selular.ID – Mencari lagu kerap menjadi teka teki tersendiri. Dulu, setidaknya Anda harus mengetahui judul lagu atau penyanyinya untuk mengetahui keseluruhan informasi mengenai sebuah lagu.

Tapi kini, hanya berbekal sepenggal lirik yang Anda hapal, Anda sudah bisa menemukan lagu yang Anda maksud. Bahkan, ketika Anda salah mengetik lirik pun, teknologi terbaru Youtube memungkinkan Anda tetap menemukannya.

Adalah aplikasi Youtube Music, senjata baru dalam menemukan lagu yang ‘tidak dikenal’

“Bahkan ketika pengguna mengetik lirik lagu ‘badak dan ikan’ di kolom pencarian Youtube Music, platform akan mengenalinya sebagai ‘better than he can’ dan menemukan itu adalah lagu Treat You Better dari Shawn Mendes,” ucap Adam Smith, VP of Product Management, YouTube, pada konferensi pers konser music Youtube Music “Journey Into The New World of Music”, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Aplikasi Youtube Music berbeda dari aplikasi Youtube. Sesuai namanya, Youtube Music hanya menyuguhkan koleksi lagu, dalam bentuk audio dan video.

Youtube Music resmi hadir di Indonesia 7 November 2019 dan Adam mengaku sudah diunduh banyak pengguna, tanpa menyebut angka pasti.

“Youtube sendiri saat ini mempunyai 2 miliar pengguna aktif bulanan secara global dengan 2 juta artis/kreator video. Di Indonesia kami mempunyai 79 juta pengguna aktif bulanan,” katanya.

Sebagai perayaan ‘kesuksesan’ peluncuran Youtube Music di Indonesia, Youtube menggelar konser musik “Journey Into The New World of Music”.

Konser musik yang diselenggarakan Rabu, 20 November di Istora Senayan membawa sederet musisi serta kreator kenamaan luar negeri seperti James Arthur juga sederet musisi dan kreator YouTube tanah air lainnya seperti Deny Reny, Dira Sugandi, Eclat Story, Eka Gustiwana, Gamelawan, Iwa K, Pongky “Jikustik, Rendy Pandugo, Reza Artamevia, dan Sheryl Sheinafia.

Bukan hanya aplikasi, YouTube Music juga mempunyai format web player yang telah didesain ulang khusus untuk mendengarkan musik, yang menyediakan lagu-lagu dan official album, ribuan playlist, dan stasiun radio artis, dipadukan dengan deretan remix video dari YouTube seperti video pentas live, lagu cover, dan video musik. Semua itu telah diatur dan dipersonalisasi khusus untuk para penggunanya.

“Semoga dengan hadirnya YouTube Music di Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia dapat menemukan musik yang mereka suka, dan menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, lebih cerdas, dan lebih imersif,” pungkas Adam Smith.

Latest