Wednesday, November 13, 2019
Home Smartphone Terlambat, Smartphone Kamera Putar Asus Hadir di Indonesia

Terlambat, Smartphone Kamera Putar Asus Hadir di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Diperkenalkan pertama kali secara global Mei 2019, Asus Zenfone 6 siap melenggang di Indonesia pekan depan. Tergolong premium, ponsel ditopang chipset Snapdragon 855, kamera putar 48MP, dan baterai besar 5.000mAh.

“Asus Zenfone 6 akan mulai dijual pada 15 November di Erafone dan Tokopedia baik online maupun offline,” ujar Willy Chen, Country Product Manager Smartphone Asus Indonesia, pada acara media experience Zenfone 6 di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Dibandingkan global, peluncuran Zenfone 6 di Indonesia terlambat sampai enam bulan. Menanggapi hal itu, Willy menyebut ada beberapa alasan.

“Indonesia punya peraturan sendiri terkait smartphone 4G. Kami harus memenuhi TKDN. Walaupun hal itu sudah kami penuhi sejak Juli lalu, namun proses perizinan juga butuh waktu. Ditambah, ada rotasi/pergantian jabatan di internal Asus global, yang memperlambat peluncuran ini,” ungkapnya.

Willy menuturkan, karena sudah memenuhi TKDN, mitra pabrik Asus, PT Sat Nusa, sudah mulai memproduksi Zenfone 6 sejak lama, tetapi perusahaan terpaksa menjual ponsel untuk pasar luar negeri terlebih dahulu, karena terganjal perizinan tadi.

Melenggang 15 November mendatang, Zenfone 6 akan menjadi ponsel pertama Android 10 yang teesedia di Indonesia.

“Kami sudah menggulirkan update OS Android 10 untuk Zenfone 6 secara global. Pengguna di Indonesia cukup update OS ponsel mereka saat pembelian nanti tanggal 15. Ke depannya, ponsel juga akan mendapatkan update Android R atau Android 11,” tutur Willy.

Willy memastikan Zenfone 6 versi Indonesia tidak berbeda dengan versi global. Namun perusahaan hanya menyiapkan satu konfigurasi yakni RAM 8GB dan storage 256GB, dengan dukungan slot MicroSD untuk tambahan memori.

Ponsel premium Asus terbaru ini ditopang chipset tercepat kedua di dunia saat ini, Snapdragon 855 dari Qualcomm dan mengusung kamera putar.

Dengan menerapkan mekanisme rotasi kamera, Asus secara efektif melenyapkan kamera depan sambil menghadirkan pengalaman tampilan penuh pada LCD 6,4 inci resolusi Full HD+.

Kamera bermotor yang bisa diarahkan ke mana saja pada kurva 180 derajat ini memiliki resolusi utama 48MP dengan sensor Sony IMX586, ditambah dengan kamera ultra-wide-angle 13MP.

“Kamera putarnya bisa digunakan sampai lebih dari 100.000 kali. Jika misalnya Anda selfie 100x dalam satu hari, berarti Zenfone 6 bisa bertahan sampai 3 tahun,” papar Willy.

Untuk mengisi tenaga, ponsel sudah ditopang baterai kapasitas 5.000mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0. Willy mengklaim Zenfone 6 mampu bertahan sampai 2 hari dengan penggunaan standar dalam satu kali pengecasan.

Mengenai harga, Willy mengaku belum diputuskan, “Tunggu tanggal 15 ya,” katanya.

Kendati belum ada harga resmi yang diumumkan untuk penjualan di Indonesia, di India, Juni lalu Zenfone 6 RAM 8GB dan storage 256GB sudah ditawarkan seharga  INR39.999 atau setara Rp7,9 juta.

Latest