Saturday, December 7, 2019
Home Devices MediaTek Umumkan Chipset 5G Dimensity dengan Dukungan Dual 5G dan Wi-Fi 6

MediaTek Umumkan Chipset 5G Dimensity dengan Dukungan Dual 5G dan Wi-Fi 6

-

Jakarta, Selular.ID – Tidak lama setelah mengumumkan kemitraannya dengan Intel, MediaTek secara resmi meluncurkan daftar SoC baru dengan dukungan 5G.

Pembuat chip menyebutnya Dimensity dan Dimensity 1000 5G adalah SoC pertama dari jajaran tersebut.

Dibangun pada proses 7nm, MediaTek mengklaim chipset 5G yang baru menawarkan 5G paling hemat daya dari SoC seluler lainnya. Karena 5G terintegrasi, chip tidak memakan banyak ruang sebagai solusi chipset + modem 5G.

“Seri Dimensity kami adalah puncak dari investasi MediaTek di 5G dan menempatkan kami sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan dan inovasi 5G. Teknologi 5G kami saling berhadapan langsung dengan siapa pun di industri ini … Kami memilih nama Dimensity untuk menyoroti bagaimana solusi 5G kami mendorong gelombang inovasi dan pengalaman baru, seperti halnya dimensi kelima yang diceritakan,” Joe Chen, Presiden MediaTek

Chipset baru mendukung agregasi 2 operator 5G dan yang pertama mendukung dual 5G SIM.

Chip mampu mengunduh hingga 4,7Gbps dan mengunggah lebih dari 2,5Gbps di frekuensi 5G di bawah 6 GHz. Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 didukung sejak awal.

Dengan ISP 5-core (prosesor sinyal gambar), chipset Dimensity dapat menangkap hingga 80MP hingga 24 foto per detik.

Chip juga mendukung combo kamera ganda 32MP + 16MP. Chipset ini juga memungkinkan video 4K @ 60 fps dan untuk pertama kalinya pada chipset seluler, ada dukungan untuk HDR video multi-bingkai.

Dari segi kinerja, Dimensity 1000 mencapai lebih dari 480.000 di Antutu dan 12.096 di GeekBench 4.2.

Sebagai perbandingan, perangkat dengan Snapdragon 855+ masing-masing mencetak sekitar 490.000 dan sekitar 11.000.

Chipset ini bertujuan untuk bersaing secara langsung dengan SoC Qualcomm kelas atas seperti Snapdragon 855 dan 855+.

Dengan Wi-Fi 6 sebagai standar berikutnya di internet rumahan, MediaTek mengklaim kinerjanya 38% lebih cepat dari Wi-Fi 5 pada Snapdragon 855 dan mengkonsumsi daya 40% lebih sedikit.

Cluster kinerja tinggi dari chipset Dimensity dibatasi pada 2,6 GHz sementara kompetitor Qualcomm-nya memiliki clock 2,84 GHz. Meskipun MediaTek bisa mencatat cluster ini lebih tinggi, ia akan memakan konsumsi daya.

MediaTek mengatakan chip ini akan menuju perangkat pada paruh kedua tahun 2020. China dan pasar Asia lainnya kemungkinan akan menjadi yang pertama melihat perangkat dengan chip Dimensity sebelum akhirnya menembus ke pasar lain.

Perlu dicatat juga bahwa chip ini tidak mendukung mmWave karena mereka hanya bekerja dengan frekuensi sub-6 GHz, tetapi MediaTek mengatakan akan mengembangkan produk lain dengan dukungan 5G mmWave di ponsel.

Latest