Wednesday, November 13, 2019
Home News Market Update TSCM Prediksi 300 Juta Ponsel 5G Akan Terjual Tahun Depan

TSCM Prediksi 300 Juta Ponsel 5G Akan Terjual Tahun Depan

-

Jakarta, Selular.ID – Kehadiran teknologi 5G sebagai penerus 4G LTE sudah semakin dekat, sejumlah negara sudah mulai menerapkan teknologi ini.

Bahkan prediksi mengenai penjulan smartphone 5G sudah diumumkan. Seperti dilaporkan Gizmo China, perusahaan manufaktur semi konduktor asal Taiwan, TSCM memprediksi bahwa 300 juta ponsel 5G akan terjual tahun depan.

Sementara prediksi Strategy Analytics memperkirakan, bahwa smartphone 5G hanya akan memperoleh pangsa pasar sebesar satu persen dari total penjualan smartphone pada tahun 2019 ini. Namun pada tahun 2020, pangsa pasar ini akan meningkat hingga 10 kali lipat.

Laporan ini juga memproyeksikan bahwa penjualan ponsel 5G pada tahun 2025 dapat melampaui 1 miliar unit secara global karena ponsel 5G yang lebih terjangkau diluncurkan .Hal tersebut lantaran selain chipset premium, pesanan untuk modem 5G juga meningkat.

Prediksi diatas pun mengalami peningkatakan dari prediksi sebelumnya, JP Morgan, lembaga tiset ini bulan Agustus telah meningkatkan pandangannya tentang prospek populasi smartphone 5G di pasar global. Dalam laporannya yang dipublikasikan menyebutkan bahwa, pengiriman ponsel pintar 5G bisa mencapai 200 juta unit pada 2020.

Proyeksi itu terbilang naik signifikan, mengingat pada laporan sebelumnya, JP Morgan hanya mematok angka 80 juta unit. Lembaga riset asal AS itu, meyakini langkah agresif sejumlah negara terutama China, membuat peta pasar berubah cepat, Hal itu mengubah prediksi sebelumnya yang cenderung konservatif.

Dengan momentum yang telah tercipta, JP Morgan meyakini bahwa pengiriman smartphone 5G akan menyentuh 450 juta unit pada 2021.

Walaupun dalam laporan itu disebutkan bahwa permintaan terhadap ponsel 5G saat ini belum banyak, karena beberapa alasan. Selain harganya masih mahal, beberapa negara belum memiliki konektivitas 5G.

Baca Juga :JP Morgan : Pengiriman Smartphone 5G Capai 200 Juta Unit Pada 2020

Samsung dan Huawei Dominasi 

Namun di masa mendatang, perangkat dengan konektivitas jaringan 5G akan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau, dan operator seluler akan berlomba menghadirkan jaringan 5G ke lebih banyak kota.

Saat ini, Samsung masih memimpin pasar berkat prestasi penjualan perangkat 5G karyanya di negara asal perusahaan ini yaitu Korea Selatan. Namun Huawei diprediksi akan mengapalkan sebanyak 80 juta unit ponsel 5G di Tiongkok pada tahun 2020 mendatang.

Jumlah ponsel 5G Huawei tersebut separuh dari jumlah pengapalan ponsel 5G secara keseluruhan, sebab Strategy Analytics memperkirakan sebanyak 160 juta unit pada tahun depan. Namun, Samsung hanya memiliki pangsa pasar sebesar satu persen di Tiongkok, sehingga Samsung masih memiliki pasar lain untuk memasarkan ponsel 5G.

Latest