Wednesday, November 13, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Samsung Galaxy TAB A8 (2019) Review: Tablet 4G Ideal untuk Anak dan...

Samsung Galaxy TAB A8 (2019) Review: Tablet 4G Ideal untuk Anak dan Orang Tua

-

Jakarta, Selular.ID – Di era 4G, pengguna bisa mengakses konten digital dengan mudah. Bahkan dengan kecanggihan teknologi, masyarakat kini juga bisa “bekerja dari rumah.”

Smartphone mungkin menjadi pilihan banyak orang untuk mengakses dunia maya. Namun jika Anda merasa besaran layar smartphone kurang memadai, maka yang Anda butuhkan adalah tablet.

Sama-sama menerapkan konsep mobile, dengan layar lebih lega dan konektivitas 4G, mengakses media sosial dan konten digital, akan lebih nyaman dilakukan di tablet.

Salah satu tablet paling baru yang bisa menjadi pilihan ideal untuk Anda adalah Samsung Galaxy TAB A8.

Berbekal layar seluas 8.0 inci, koneksi 4G, baterai raksasa, dan harga terjangkau, Samsung TAB hadir guna menambah kenyamanan Anda mengakses kontrn digital bahkan membantu produktifitas Anda bekerja.

Dilengkapi dengan Dual Speaker untuk pengalaman entertaiment (menonton) yang lebih seru dengan desain yang compact, Samsung Galaxy TAB A8 bisa digunakan untuk semua kalangan, baik dari muda dan tua.

Review Samsung TAB A8 Indonesia, harag tab A8 samsung

Paket Penjualan

Dalam paket penjualan Samsung Galaxy Tab A8, pembeli akan mendapatkan sejumlah aksesoris bawaan. Adapun isi boks penjualan adalah:

– Tablet Samsung Galaxy TAB A8
– Kabel USB universal
– Charger
– Pin ejector
– Buku panduan

Review Samsung Galaxy TAB A8 (2019)

Advertisement

1. Desain Tipis

 

Desain yang minimalis membuat Galaxy TAB A8 nyaman dipegang, baik secara horizontal maupun vertikal. Bahkan, karena ukurannya tipis (8.0mm), pengguna juga akan tetap merasa nyaman saat memegang TAB dengan satu tangan. Selain itu, bobotnya yang tergolong ringan (347 gram) juga membuat Galaxy TAB A8 juga nyaman dibawa-bawa.

Lebih spesifik mengenai desain, pada bagian muka, Samsung Galaxy TAB A8 menampilkan layar 8.0 inci yang terbuat dari material full-glass, sementara bagian frame sisi dan belakang menggunakan material aluminium dengan finishing plastik.

Pada bezel atas layar, terdapat earpiece yang ditemani sensor kedekatan dan kamera selfie 2MP untuk keperluan video chat. Di bagian tepi atas, terdapat jack audio 3,5mm. Speaker ganda di bagian bawah ditemani port pengisian baterai berbentuk Micro-USB bersama mikrofon.

Baca juga: Ini Perbedaan Samsung Galaxy A10 dan A10s

Pindah ke bagian sayap, terdapat tombol volume di sayap kiri bersama tombol power/kunci layar. Sementara di sayap seberang hanya ada satu slot yang terdiri dari dua baki, satu untuk SIM card (nano SIM), satu untuk miscro SD.

Sudah support jaringan 4G LTE, pengguna akan bisa menyematkan SIM card bersama kartu Micro SD untuk memperluas ruang penyimpanan sampai dengan 512GB. Internal storage-nya sendiri adalah 32GB dengan RAM 2GB.

Kinerja TAB secara keseluruhan sangat baik selama tiga hari pengujian kami. Untuk melakukan hal-hal dasar seperti streaming video, mengakses media sosial, mengolah dokumen, sampai menciptakan konten foto dan video, Samsung Galaxy TAB A8 sangat bisa diandalkan.

2. Layar Tajam

review samsung tablet 2019

Ukuran popular perangkat tablet saat ini adalah 10.1 inci dan 8.0 inci. Keduanya terbilang nyaman digunakan. Bila Anda mempunyai perawakan besar mungkin lebih cocok yang besar, namun untuk ukuran orang Asia khususnya Indonesia, ukuran 8.0 inci lebih ringkas dan lebih bijaksana.

Dengan bezel cukup besar di atas dan bawah layar, Anda tidak perlu khawatir menyentuh layar, karena rasio layar-ke-tubuh 71.0 persen. Jenis layar tablet adalah TFT 16 juta warna, resolusi WXGA (800×1280 piksel) dan rasio layar 16:10.

Dikarenakan Galaxy TAB A8 ini mempunyai bentang layar 8.0 inci, menjadikannya nyaman digunakan anak-anak juga. Dari sudut pandang lurus maupun menyudut, layar tetap renyah dipandang.

Secara default (bawaan), antarmuka layar tablet sangat bersih, tidak ada widget yang memadatkan layar. Ukuran ikon aplikasi dan font huruf bisa diprogram. Secara default, ukurannya tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Dengan begitu, Samsung Galaxy TAB A8 ini sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak maupun orang lanjut usia.

3. Mode Anak

tablet murah samsung

Dengan harga super terjangkau, Samsung Galaxy TAB A8 ini sebenarnya dirancang untuk penggunaan dasar seperti menonton video, bermain game, membaca berita, dan mengolah dokumen. Tetapi kalau dilihat dari menu yang disajikan, sepertinya tablet ini juga ditujukan untuk anak-anak.

Pasalnya, perusahaan menyuntikkan fitur yang disebut Samsung Kids Home yang memungkinkan orangtua mengontrol seberapa lama anak menggunakan tablet, serta secara instan mengakses aplikasi yang diinginkan orangtua untuk anak-anak mereka.

Dengan besaran 8.0 inci dan kapasitas daya yang besar, Samsung Galaxy TAB A8 sangat tepat untuk menghibur anak-anak. Jika kebetulan Anda adalah orang tua yang tengah mencari perangkat untuk anak, tablet ini sangat baik untuk dipertimbangkan.

Walaupun cocok untuk anak, ukuran layar dan besaran font (huruf dan ikon aplikasi) juga tepat bagi lansia (lanjut usia) untuk membaca berita. Jika Anda sedang mencari hadiah untuk orangtua Anda, Samsung Galaxy TAB A8 pasti menjadi tablet yang tepat.

4. Kinerja Powerful

samsung tab A8

Dalam pengujian Selular.ID selama tiga hari, kinerja Samsung Galaxy TAB A8 ini sangat baik. Pengujian kami termasuk menonton video, bermain game ringan, menjelajah internet, membuka media social, mengedit dokumen, memotret dan merekam video, serta membaca berita. Untuk penggunaan sehari-hari mendasar itu, semuanya lancar tanpa ada kendala.

Dalam menopang kinerjanya, Samsung Galaxy TAB A8 ini menggunakan prosesor Quad-core 2.0GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 429 dan GPU Adreno 504.

Dipadu dengan RAM 2GB dan penyimpanan 32GB, tentu bermain game berat bukan pilihan terbaik dengan tablet ini. Ketika Anda traveling misalnya, Anda bisa memanfaatkan tablet untuk sekadar bermain game ringan.

Untuk kepuasan menikmati konten multimedia, sebaiknya Anda memanfaatkan slot MicroSD dengan menambahkan kartu memori eksternal ke dalam tablet agar muatan lebih banyak.

5. Kamera Menawan

 

Video chat sangat mungkin dilakukan dengan Samsung Galaxy TAB A8. Karena tablet sudah dibekali kamera depan dan belakang. Tepat di atas layar, tersedia kamera 2MP untuk keperluan video chat dan juga selfie.

Kamera belakang diposisikan di sudut atas. Kamera tunggal 8MP autofocus bertengger sendiri tanpa ditemani LED Flash. Anda bisa memotret gambar dan merekam video dengan resolusi maksimal 1080p @30fps.

Kendati minim fitur, pengguna akan puas melihat hasil jepretan kamera Samsung Galaxy TAB A8. Baik gambar maupun video yang direkam, cukup tajam, jernih, dan terang.

6. Daya Tahan Lama

samsung tab 2019

Bermain game di Samsung Galaxy TAB A8 tidak perlu khawatir soal baterai. Karena TAB sudah dibekali kapasitas baterai raksasa. Dengan ukuran 5.100mAh, daya tahannya mencapai waktu hampir 10 jam dalam keadaan layar menyala terus menerus.

Bahkan, pengguna akan mampu berinteraksi dengan tablet selama 19 jam penuh dalam satu kali pengisian. Dengan hasil ini, Samsung Galaxy TAB A8 memiliki daya tahan lebih lama daripada kebanyakan tablet lainnya.

Namun di sisi pengisian daya, masih membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke kapasitas 100%. Secara khusus, tablet membutuhkan waktu 147 menit untuk terisi penuh dari keadaan baterai 0.

7. Kesimpulan: Tablet Ideal

review samsung tab a8 2019

Samsung Galaxy TAB A8 merupakan tablet paling terjangkau dari Samsung saat ini. TAB sangat ideal bagi Anda yang mencari tablet untuk menyelesaikan menikmati konten digital.

Juga, Samsung Galaxy TAB A8 sangat ideal untuk diberikan kepada orangtua yang lanjut usia sebagai hadiah atau kepada anak Anda ketika mereka meraih prestasi. TAB juga ideal untuk sekadar menemani Anda dalam perjalanan agar tidak bosan, misalnya untuk menyaksikan drama seri Viu terbaru.

Kehadiran speaker stereo ganda menjadikan tablet mempunyai output audio yang lebih nyaring dari tablet lainnya. Hal ini tentu dibutuhkan anak-anak maupun orang tua.

Samsung Galaxy TAB A8 sudah bisa dibeli masyarakat di Indonesia di sini baik secara online maupun di toko-toko konvensional dan modern dengan harga Rp1.999.000.

Latest