Wednesday, November 13, 2019
Home Devices Ponsel Pertama dengan Snapdragon 865 Diumumkan

Ponsel Pertama dengan Snapdragon 865 Diumumkan

-

Jakarta, Selular.ID – Qualcomm bisa saja memperkenalkan chipset andalan berikutnya, Platform Mobile Snapdragon 865, bulan depan. Tidak banyak yang diketahui tentang komponen selain fakta bahwa itu akan diproduksi oleh Samsung.

Perusahaan Korea Selatan itu mengambil alih tugas pengecoran untuk SoC top-of-the-line Qualcomm dari TSMC. Tetapi TSMC tetap akan memproduksi Platform Mobile Snapdragon 875 untuk 2021.

Dilansir dari MyDrivers (via WCCFTech), sebuah perusahaan smartphone dan arloji mewah Cina bernama 8848 menjadi produsen pertama yang mengumumkan ponsel baru yang ditenagai oleh Platform Mobile Snapdragon 865.

Perangkat diberi nama Titanium M6 5G.  Kendati ini merupakan pengumuman resmi penggunaan chipset unggulan Qualcomm di ponsel, ini tidak serta merta berarti bahwa Titanium M6 5G akan menjadi perangkat pertama yang dirilis ke pasaran.

Banyak yang mengharapkan Samsung Galaxy S11 memiliki kehormatan itu. Tapi sekarang terlalu dini untuk tahu dengan pasti.

Titanium M6 5G akan dilengkapi dengan layar AMOLED 6,01 inci, dan memiliki memori 12GB dan penyimpanan 1TB.

Berkat penggunaan interpolasi canggih, ponsel akan menampilkan kamera 64MP yang mengambil gambar 100MP.

Platform Mobile Snapdragon 865 akan diproduksi oleh Samsung menggunakan proses EUV 7nm. 7nm mengacu pada jumlah transistor yang bisa masuk ke dalam chip; semakin kecil angkanya, semakin banyak transistor di dalamnya.

Dan dengan lebih banyak transistor di dalamnya, sirkuit terpadu ini semakin kuat dan hemat energi.

Bayangkan chipset Huawei Kirin 990 dengan modem 5G yang diaktifkan diisi dengan 10,3 miliar chip di dalamnya. Baik TSMC dan Samsung berharap untuk memproduksi chip 5nm pada tahun depan; chip tersebut akan mengandung 171,3 juta transistor per milimeter persegi.

TSMC dan Samsung memiliki roadmap yang membawa mereka ke proses 3nm segera setelah 2022.

Latest