Sunday, December 8, 2019
Home News Telco Maxis Memilih Huawei Sebagai Pemasok Peralatan 5G

Maxis Memilih Huawei Sebagai Pemasok Peralatan 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Maxis, operator seluler terbesar di Malaysia, mengumumkan secara resmi Huawei sebagai pemasok teknologi 5G, yang akan meningkatkan jaringan LTE untuk mempersiapkan peluncuran layanan seluler generasi berikutnya ketika spektrum ditetapkan.

Sebagai bagian dari perjanjian, vendor China akan memodernisasi jaringan 4G operator agar siap 5G, memanfaatkan investasi jaringan yang ada.

Pada bulan Februari, Maxis dan Huawei menandatangani MoU untuk bekerja sama dalam uji coba 5G, dengan yang pertama berjalan selama enam bulan di kota Cyberjaya dan berfokus pada pita spektrum yang lebih tinggi.

Operator juga meningkatkan jaringan transportnya untuk mendukung kecepatan gigabit dan memvirtualisasikan jaringan intinya.

Maxis memiliki 27 persen pelanggan seluler di negara itu, sementara Digi memegang 26 persen, di depan 22 persen Celcom Axiata, data Q2 2019 dari GSMA Intelligence menunjukkan.

Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) membentuk gugus tugas 5G setahun yang lalu dan sedang mempersiapkan peluncuran komersial 5G pada 2021 atau 2022. Regulator sedang menjajaki penugasan spektrum dalam enam pita, dan akan memulai penyelidikan publik untuk band 700MHz, 2300MHz dan 2600MHz di Q4-2019.

Awal pekan ini pemerintah Malaysia mengumumkan delapan perusahaan yang melakukan investasi awal sebesar MYR116 juta (US$ 27,7 juta) untuk menjalankan uji coba 5G di enam negara bagian, yang dimulai pada bulan Oktober dan akan berjalan selama enam bulan ke depan.

Latest