Tuesday, November 12, 2019
Home News Telco Didorong Oleh 5G, Pasar Tenaga Kerja Melonjak Signifikan

Didorong Oleh 5G, Pasar Tenaga Kerja Melonjak Signifikan

-

Jakarta, Selular.ID – Operator Cina belum meluncurkan layanan komersial 5G, tetapi teknologi ini diperkirakan telah memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian negara dengan memberikan peluang yang berkembang di pasar kerja.

Platform rekrutmen online Zhaopin menyatakan pekerjaan yang terkait dengan teknologi itu tumbuh sembilan kali lipat antara Januari dan Mei dibandingkan periode yang sama pada 2018, South China Morning Post (SCMP) melaporkan.

Pertumbuhan lowongan kerja dihargai 806 persen tahun-ke-tahun, dengan gaji bulanan rata-rata tumbuh 44 persen menjadi CNY15.644 ($ 2.212).

Namun, permintaan untuk spesialis yang bekerja di bidang 5G tampaknya masih jauh dari terpenuhi, dengan peningkatan pelamar kerja hanya 151 persen untuk periode tersebut.

Investasi dalam teknologi jaringan baru di Tiongkok diperkirakan mencapai CNY900 miliar hingga CNY1,5 triliun antara tahun 2020 dan 2025, SCMP melaporkan, mengutip data dari Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT).

CAICT juga memperkirakan teknologi ponsel generasi berikutnya akan menghasilkan CNY10,6 triliun dalam nilai ekonomi dan lebih dari 3 juta pekerjaan dalam periode lima tahun.

Pada bulan Juni, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China mengeluarkan lisensi 5G komersial untuk China Telecom, China Mobile, China Unicom, dan China Broadcasting Network.

Operator dilaporkan mendaftar lebih dari 10 juta pelanggan 5G, menjelang peluncuran komersial pada infrastruktur mandiri, yang diharapkan pada penutupan bulan ini.

Latest