BJtech Balesin, Admin Otomatis yang Menjawab Pertanyaan Berulang

Jakarta, Selular.ID – Chatting sebelum transaksi menjadi kebiasaan konsumen online Indonesia. Menyadari hal itu, banyak pemilik bisnis online yang merekrut seorang admin di dalam bisnisnya.

Di saat menjalankan tanggung jawabnya, sering kali seorang admin dihadapkan dengan pertanyaan yang cenderung repetitif dari customer. Adapun cara menjawab pertanyaan berulang yang bisa dilakukan lewat page FAQ (Frequently Asked Questions) di sosial media atau website, namun pada kenyataannya sering dilewat oleh customer yang memilih chat langsung ke admin.

Rutinitas menjawab pertanyaan repetitif dari customer seperti itu, apalagi jika harus dilakukan hampir setiap hari, berpotensi menimbulkan kejenuhan dan bisa memengaruhi performa kerja admin ke depannya.

Nah ternyata ada cara lebih efisien dalam membalas chat konsumen, sehingga admin bisa lebih produktif dan berkembang.

Pada acara IDEAfest di Jakarta, BJtech mencantumkan potensi chatbot untuk meningkatkan level customer service dengan biaya yang relatif lebih murah melalui Balesin, yakni admin otomatis yang bisa menjawab pertanyaan berulang customer secara cepat, tepat, dan otomatis 24 jam.

Didukung teknologi chatbot, BJtech melalui Balesin menawarkan alternatif baru untuk meningkatkan layanan customer service. Pemilik bisnis dan admin tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan yang repetitif satu per satu, sementara customer juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.

Saat ini Balesin hidup sebagai link yang bisa di-share di WhatsApp Messenger, e-commerce, dan akun media sosial lainnya, juga berupa chat widget yang bisa ditempel di dalam website.

Diatce G. Harahap, CEO BJtech menyatakan, “Kami menyadari bahwa admin juga perlu level up, skill improvement dari sekedar membalas chat customer yang itu-itu saja setiap harinya. Dengan chatbot, admin bisa lepas dari rutinitas menjawab pertanyaan repetitif, ditugaskan sebagai supervisor untuk memantau atau mengambil alih fungsi chatbot jika diperlukan saja. Misalnya ada customer yang komplain, di situlah peran admin mulai bekerja.”

Pertanyaan seragam dari kata-kata berbeda tapi dengan konteks sama yang sebenarnya hanya membutuhkan satu jawaban, bisa dipelajari oleh sistem NLP (Natural Language Processing) milik Balesin. Admin juga bisa dengan mudahnya menambah atau mengurangi sendiri jawaban dan pertanyaan yang mendukung BALESIN untuk menjalankan fungsinya.

Selain menjawab pertanyaan berulang secara cepat, tepat, dan otomatis, Balesin menyediakan analitik yang bisa digunakan untuk menambah kualitas layanan kepada customer ke depannya. Analitik berisi laporan-laporan seperti berapa jumlah pertanyaan yang dijawab, tingkat kesuksesan dalam menjawab, total percakapan dalam jangka waktu tertentu, dan data-data lainnya yang bisa mendukung dan dipelajari untuk meningkatkan kualitas customer service. Untuk membuat customer lebih interaktif dan nyaman saat chatting, admin maupun pemilik bisnis juga bisa mengatur gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan lini bisnis yang dijalankan.

Fungsi chatbot untuk menjawab pertanyaan customer, tentu saja bukan dimaksud untuk menggantikan peran admin. Admin justru memiliki peluang dan waktu lebih untuk mengembangkan skill-nya di bidang lain atau mengejakan peran lain yang lebih strategis, dan bertindak sebagai supervisor chatbot dalam menangani pelanggan.

Bagi pemilik bisnis, hal ini juga bisa dimanfaatkan selain karena efisiensi biaya dan tenaga, kolaborasi antara BALESIN berbasis chatbot beserta admin dengan skill mumpuni dapat menjadi investasi untuk pengembangan bisnis.

“Sayang sekali jika potensi chatbot untuk meningkatkan kualitas layanan customer melalui chatting itu tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan menggunakan admin otomatis Balesin, admin memiliki kesempatan untuk mengembangkan skill-nya yang lebih strategis dan pemilik bisnis diuntungkan dengan efisiensi waktu dan tenaga,” tutup Ache.