Friday, August 7, 2020
       
Home Apps Cara Buat Chatbot Dalam 15 Menit

Cara Buat Chatbot Dalam 15 Menit

-

Jakarta, Selular.ID – Bila Anda ingin membuat chatbot di messaging app, sekarang ada cara mudah dan singkat membuat chatbot. Anda bisa membuat chatbot di Line, BBM, Facebook Messenger, Telegram, Twitter, atau WhatsApp.

Robot chat itu sangat berguna bila Anda tengah merintis usaha atau memang pelaku bisnis online. Dengan chatbot, pelayanan usaha dijamin akan lebih efisien dan menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Memang, bagi sebagian besar orang Indonesia, membuat ‘robot’ chatbot adalah hal yang kerap dikerjakan orang IT. Tapi kini, membuat digital-customer-care chatbot relatif singkat dan tanpa harus mengerti bahasa pemrograman atau coding.

Berkat platform BJtech, percakapan berbasis Artificial Intelligence (AI) itu bisa dibuat oleh orang ‘biasa’, setidaknya yang pernah berjualan online.

BJtech memungkinkan pelaku bisnis maupun individu untuk mengembangkan chatbot sendiri sesuai kebutuhan masing-masing melalui messaging app.

“Kami di BJtech ingin menunjukkan kalau chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalanga, mulai dari pelaku UKM, artis, hingga karyawan,” kata Diatce G Harahap, CEO PT Jualo Online Indonesia, pemilik platform BJtech, pada acara media gathering BJtech di Jakarta (21/3/2018).

Diatce menjelaskan, hal itu bisa dimungkinkan karena penggunaan platform BJtech tidak dibutuhkan keahlian pemrograman.

“Bahkan, chatbot bisa dibuat dalam waktu 15 menit. Kami ingin menghilangkan batasan yang mengatakan membuat chatbot itu sulit,” ujar Diatce.

Cara Buat Chatbot Dalam 15 Menit

Diatce memberi contoh, bagi pelaku UKM bisa menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam penuh. Sementara bagi individu bisa menggunakan chatbot untuk kebutuhan sehari-hari ataupun hobi seperti mengembangkan entertainment chatbot.

Bagaimana caranya? Platform BJtech sudah didukung oleh machine learning technology yang bisa menjangkau semua orang dalam waktu bersamaan melalui komunikasi paling mudah yaitu chatting. Para pengguna hanya perlu mengikuti langkah teknis sederhana.

“Pertama, tentukan tujuan dan fungsi chatbot, untuk menentukan alur percakapan, gaya bahasa, dan gramatika yang digunakan di chatbot. Lalu diakhiri dengan menghubungkan chatbot untuk diimplementasikan di messaging app misalnya Line, BBM atau Twitter. Dan selesai,” ungkap Diatce.

Menurut Diatce, pemanfaatan chatbot sebagai digital customer care bagi pelaku UKM akan menghasilkan efisiensi biaya dan waktu, karena sistem layanan menjawab secara otomatis. Tidak hanya itu, chatbot juga bisa melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi.

Baca juga: Dukung Perkembangan Chatbot Sosial, Microsoft Rinna Hadir di Line

“Produk chatbot menggunakan AI Conversation Platform BJtech saat ini masih terbatas. Hanya bisa diimplementasikan di Line. Ke depannya, kami akan memperluas ke aplikasi pesan lainnya, mobile apps, maupun platform lain,” pungkas Diatce.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest