Wednesday, November 20, 2019
Home News AIPTI :Sibina Akan Menyesuaikan Masa Transisi

AIPTI :Sibina Akan Menyesuaikan Masa Transisi

-

Jakarta, Selular.ID – Aturan IMEI International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang sudah ditandatangani Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan kementerian Perdagangan akan diatur dalam  peraturan pada sistem Sibina (Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional).

Menurut Ali Subroto, Ketua Asosiasi industri perangkat Telematika Indonesia
(AIPTI), bahwa System pengendalian IMEI di desain Pemerintah dengan sangat baik dan bijak.

Artinya, tidak merugikan bagi konsumen yang saat ini menggunakan ponsel Ilegal Black Market (BM), dan memberikan waktu yang  cukup bagi pedagang untuk menghabiskan stock barang ilegalnya.

Sehingga pedagang diberikan waktu, untuk menghabiskan stok, dan dapat  diaktifkan oleh pembelinya agar teregister di Sibina.

“Pemerintah kan memberikan masa transisi selama enam bulan, selama masa transisi itu para pedagang, jadi ada waktu buat pedagang”kata Ali.

Namun, setelah masa transisi selesai, tidak akan ada satu ponsel ilegal (BM) baru yang bisa lolos dari kontrol Sibina, dengan demikian Pemerintah tidak mengalami kerugian pajak yang besarnya lebih dari Rp2 Triliun pertahunnya.

Baca Juga :Pedagang Bisa Cepat-Cepat Habiskan Stok di Masa Transisi

Dan tidak hanya itu, industri ponsel bisa mengisi pasar domestik lebih besar. Sehingga bisa menambah lapangan pekerjaan.

“Hal ini juga dapat memanfaatkan fasilitas pabrik lebih banyak, dengan menggunakan lebih banyak material lokal. Dan bisa dikatakan Permen IMEI, secara umum semuanya positif,” tutup Ali.

Latest