Friday, October 18, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Oppo A9 (2020): Smartphone Ideal 4 Kamera 48MP

Review Oppo A9 (2020): Smartphone Ideal 4 Kamera 48MP

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak kelahiran Oppo seri A sampai dengan A5s, seluruh model di seri ini merupakan jajaran entry-level. Namun dengan kemunculan model terbaru hari ini, Oppo seri A resmi naik kelas.

Ya, hari ini Oppo resmi menghadirkan A9 (2020) di Indonesia. Anggota terbaru di keluarga seri A ini mengusung segudang peningkatan dari model terdahulunya (Oppo A5s).

Bukan lagi mengusung spesifikasi ‘seadanya’, Oppo A9 (2020) menyematkan fitur-fitur terkini. Mulai dari 4 kamera, RAM besar, baterai raksasa dengan USB Type C, sampai chipset kencang Snapdragon. Bahkan, fitur yang hanya ada di perangkat premium Reno, juga dihadirkan Oppo di produk A9 (2020), yakni Dolby Atmos dengan dual speaker, serta reverse charging.

Semua peningkatan itu menjadikan Oppo A9 (2020) smartphone ideal di rentang harga kurang dari Rp4 juta.

Ditujukan bagi generasi Z, ponsel diciptakan untuk menikmati konten multimedia secara mobile, tanpa harus khawatir low-bat. Berbekal panel luas 6,5 inci dengan rasio 20:9, pengguna akan nyaman menyaksikan konten multimedia di layar Oppo A9 (2020). Ditambah baterai kapasitas 5.000mAh, dijamin aktivitas menikmati streaming akan lancar selama 19 jam.

Bagi gamer, memori RAM dan storage besar menjadi syarat untuk memainkan game kekinian. Dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, Oppo A9 (2020) mampu menyimpan dan memainkan belasan game popular nan berat dengan sangat lancar.

Bagi social butterfly, era media sosial adalah eranya para kreator konten. Dengan empat kamera di belakang (48+8+2+2MP), foto dan video yang Anda rekam dari Oppo A9 (2020) akan terlihat tajam dan jernih. Cocok untuk dibagikan ke semua lini channel media sosial Anda.

Paket Penjualan

Sebelum memasuki ulasan mendalam, mari kita bahas mengenai packagingnya. Pada paket penjualan Oppo A9 (2020), selain unit smartphone, pembeli juga akan mendapatkan kabel USB dan charger, lengkap dengan kartu garansi dan buku panduan.

Kemudian pembeli Oppo A9 (2020) juga akan mendapat aksesoris lengkap, karena vendor telah menyematkan jelly case bening dan earphone di dalam kemasan penjualan. Selain dua aksesoris itu, Oppo juga menyediakan pin ejector untuk membuka slot SIM card dan MicroSD.

Desain

Pertama memandang Oppo A9 (2020), Anda akan mengetahui smartphone mengemban bahasa desain kekinian. Oppo A9 (2020) dianugerahi layar luas, poni minimalis, bezel sangat tipis, serta warna gradasi di panel belakang.

Baterai raksasa di dalam kerangka juga tidak mengubah penampilan ponsel menjadi bongsor. Hal itu terlihat dari ketebalan perangkat yang tergolong tipis (9,1mm).

Pengaturan kamera di panel belakang juga tidak menonjol yang biasanya akan menambah ketebalan perangkat. Tetapi Oppo melindungi kamera dengan menempatkan frame melingkar di sekitar lensa yang melindungi kamera dari goresan saat diletakkan di meja.

Beralih ke bagian sisi, di sayap kiri perangkat terdapat volume rocker dan baki SIM card. Sementara di sayap seberang hanya tersedia satu tombol multi fungsi (Power On/Off, serta pengunci dan pembuka kunci layar). Sementara bagian sisi atas, perangkat tampil plontos tanpa ornamen.

Menyangkut slot SIM Card, Oppo A9 (2020) menyediakan tiga slot dalam satu baki. Jadi pengguna bisa mengaktifkan dua SIM (mini SIM) dan memasukkan kartu microSD sekaligus.

Layar

Salah satu syarat smartphone ideal bagi penikmat konten adalah layarnya harus super luas. Nah, Oppo A9 (2020) menampilkan panel Sunlight Screen dengan bentang seluas 6,5 inci resolusi HD+ dengan rasio 20:9.

Sunlight Screen menghadirkan warna sesungguhnya pada layar ketika digunakan pada lingkungan kurang cahaya. A9 (2020) juga secara otomatis akan mengaktifkan filter cahaya biru untuk melindungi mata pengguna dari kelelalahan dan kerusakan mata.

Di bagian atas layar, terdapat poni minimalis berbentuk tetes air, tempat bernaungnya kamera selfie 16MP yang sudah disuntikkan AI Beautification. Kamera selfie bisa mengindentifikasi warna kulit, jenis kulit, usia, dan jenis kelamin. Selain itu, pengguna juga bisa menangkap gambar monokrom maupun bokeh langsung dari kamera depan.

Kinerja

Kinerja Oppo A9 (2020) dipastikan lebih mulus dibandingkan model di seri A sebelumnya. Pasalnya, ponsel ini merupakan seri A pertama yang menggunakan Snapdragon seri 6 besutan Qualcomm.

Chipset Snapdragon 665 ini dibangun dengan prosesor 8-core 64-bit, yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 dan 4-core Cortex-A53.

Digabungkan dengan RAM 8GB LPDDR4x dan penyimpanan 128GB UFS 2.1, so pasti pengguna akan merasa lancar saat multi-tasking di smartphone, bahkan bermain game berat sekalipun. Terlebih, penyimpanannya bisa diekspans melalui kartu microSD sampai 256GB.

Kombinasi itu menyebabkan kinerja Oppo A9 (2020) lebih baik dari model-model sebelumnya. Lebih rinci,chipset terbaru ini memakan konsumsi energi lebih rendah 20% dengan kinerja AI 2x lebih baik dibandingkan Snapdragon 660. Dan bila dibandingkan Snapdragon 450, Oppo A9 (2020) meningkat 40% dan GPU meningkat lebih dari 100%.

Baterai

Bagi kreator maupun penikmat konten, baterai besar di smartphone adalah syarat wajib. Sebagai smartphone ideal bagi penikmat konten, Oppo A9 (2020) dibekali kapasitas baterai raksasa 5.000mAh.

Dengan begitu, ponsel dipastikan mampu bertahan satu hari penuh dalam pemakaian normal. Dalam menikmati konten video, ponsel bisa bertahan lebih dari 19 jam.

Selain baterai raksasa, Oppo A9 (2020) juga sudah dibekali USB Type C untuk mengisi daya dan sudah mengusung fitur Reverse Charging dengan memanfaatkan fitur OTG. Artinya, ponsel bisa berperan layaknya powerbank, untuk mengisi daya perangkat lain.

Kamera

Ini dia senjata utama para kreator konten zaman now. Dalam menciptakan konten, Oppo A9 (2020) dibekali empat kamera sekaligus di panel belakang. Tiga di antaranya disusun secara vertikal. Sementara kamera keempat diposisikan persis di bawah LED Flash.

Kamera utama 48MP Oppo A9 (2020) menggunakan lensa Isocell GM1 dengan bukaan f/1.8. Kamera kedua untuk mengambil foto ultra-wide menggunakan lensa Omnivision dan yang paling bawah merupakan lensa monokromatik 2MP f/2.4. Kamera terakhir di bawah Flash adalah lensa Portrait 2MP dengan bukaan f/2.4.

Kamera 48MP hadir dengan resolusi tinggi, membuat pengguna bisa mengambil gambar dengan lebih detai dan hasil yang lebih jernih. Lensa sudut lebar menawarkan sudut pengambilan gambar sebesar 119° memudahkan gambar yang luas di ruang terbatas. Lensa monokromatik dan lensa portrait memungkinkan pengguna mendapatkan hasil kamera retro untuk foto portrait, menawarkan hasil yang lebih personal.

Ditambah, Oppo menyuntikkan aneka fitur dan filter terkini yang ada di mobile photography, mulai dari efek bokeh, monokrom, sudut lebar, panorama, profesional, sampai Ultra Night Mode 2.0.

Ultra Night Mode 2.0 hadir dengan reduksi noise terbaik untuk foto malam hari. Hasilnya, fitur HDR dan teknologi multi-frame pada Ultra Night Mode 2.0 bisa menghasilkan foto malam hari dengan kecerahan tinggi. Yang terbaru, Ultra Night Mode 2.0 bisa digunakan pada lensa sudut lebar.

Tidak lupa kamera Oppo A9 (2020) juga sudah disuntikkan AI sehingga bisa membantu pengguna memilih mode yang sesuai dalam memotret suasana tertentu. Juga, fitur berguna untuk mendeteksi lingkungan atau mengenal objek yang disorot.

Oppo A9 (2020) bisa merekam video kualitas 4K dengan mulus (minim guncangan) berkat adanya fitur Electronic Image Stabilization (EIS) untuk video stability. Jika Anda takut memorinya cepat penuh, vendor juga menyediakan opsi merekam video kualitas 1080p dan 720p. Tidak lupa fitur populer seperti Time Lapse dan Slow Mo juga tersedia.

Game Boost 2.0

Untuk pengalaman bermain game, teknologi akselerator Game Boost 2.0 menawarkan peningkatan teknologi dengan fitur Frame Boost dan Touch Boost. Keduanya memberikan respons permainan yang cepat, dengan mengurangi latensi dan kelambatan respons sentuhan layar.

Frame Boost menyediakan pemantauan perangkat secara real time untuk mengurangi latensi dan meminimalisir terjadinya lag. Selain itu, fitur ini akan mengatur alokasi sumber daya untuk menghindari ponsel menjadi panas atau penggunaan daya yang berlebih.

Touch Boost melakukan penyesuaian khusus untuk meningkatkan sensitivitas respons sentuhan layar saat bermain game, ponsel akan terasa lebih cepat dan lebih responsif.

Dual Speaker Dolby Atmos

Oppo A9 (2020) datang dengan speaker stereo ganda, menghadirkan efek suara surround dengan volume lebih tinggi dan peningkatan kualitas suara yang signifikan. Efek suara Dolby Atmos digunakan untuk memberikan pengalaman musik, video, dan permainan terbaik di kelasnya.

Oppo A9 (2020) merupakan perangkat yang menerima sertifikasi Hi-Res Audio, memastikan kualitas suara yang luar biasa, serta menciptakan pengalaman ausio yang lebih mendebarkan dan realistis.

Akses Keamanan

Oppo menjalankan sistem antarmuka Color OS 6.0.1 berbasis Android 9.0 Pie. Fitur yang dihadirkan antara lain Asisten Cerdas, Mode berkendara, dan navigasi gerakan yang akan meningkatkan kenyamanan pengguna.

Selain itu, Oppo juga menyematkan dua opsi keamanan dalam membuka kunci layar pada A9 (2020). Pengguna bisa memanfaatkan Face Unlock atau Fingerprint, atau keduanya sekaligus. Untuk area pemindai sidik jari pada Oppo A9 (2020) diletakkan di panel belakang, tepat satu garis di bawah kamera. Sangat nyaman dijangkau jari telunjuk saat memegang handphone.

Harga

Oppo menyajikan warna lebih berani pada A9 (2020). Desain gradasi tiga dimensi dengan warna eye-cathing. Konsumen bisa memilih antara Marine Green (Hijau Laut) atau Space Purple (Ungu Antariksa).

Baru dirilis hari ini, smartphone terbaru Oppo A9 (2020) akan mulai tersedia di pasaran Indonesia pada Rabu, 25 September 2019, melalui sejumlah chanel mitra penjualan Oppo dengan harga resmi Rp3.999.000.

Spesifikasi lengkap Oppo A9 (2020)

Body 163,6 x 75.6 x 9.1mm
Colors Marine Green, Space Purple
Display Size dan Resolution 6.5 inci HD+ (720×1600) Gorilla Glass 3+
Display Waterdrop dew
Rear Camera 48MP (F1.8) + 8MP (F2.0) + 2MP (F2.4) + 2MP (F2.4)
Front Camera 16MP AI Beautification
Processor & OS Color OS 6.0.1 based on Android 9.0 Pie
RAM + Storage RAM 8GB, penyimpanan 128GB
Micro SD slot (up to 256GB)
Battery 5.000 mAh
Biometric Authentications Rear Fingerprint, Face Unlock
Special Feature Game Boost 2.0, Ultra Night Mode 2.0

Latest