Friday, November 22, 2019
Home Smartphone Mengenal Pioneer X1, Smartphone 5G Besutan China Mobile

Mengenal Pioneer X1, Smartphone 5G Besutan China Mobile

-

Jakarta, Selular.ID – Operator selular terbesar di dunia, China Mobile, secara resmi mengumumkan smartphone 5G pertama besutan sendiri, Pioneer X1. Produk ini diharapkan dapat mendorong rencana ambisius perusahaan untuk meluncurkan layanan 5G di lebih dari 50 kota pada akhir tahun ini.

Pioneer X1memiliki layar 6,47 inci, ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan dibanderol dengan harga CNY4.988 (US$ 697).

Menurut laporan China Daily, pelanggan dapat memesan model secara online atau di gerai ritelnya. Demi mendorong permintaan, China Mobile menargetkan dapat memperkenalkan lebih dari 100 model smartphone 5G dalam beberapa bulan mendatang, tulis China Daily.

China Mobile, dengan 59 persen pelanggan selular di China daratan, sedang mengembangkan jaringan non-standalone (NSA) dan standalone (SA) secara bersamaan, dengan SA sebagai tujuan utamanya. Tak kurang dari 50.000 BTS 5G akan dibangun operator itu pada akhir tahun ini.

Cepatnya China Mobile mengoperasikan layanan 5G, tak lepas dari kebijakan yang sudah dikeluarkan. Pada Juni lalu, pemerintah Beijing resmi menerbitkan lisensi 5G untuk tiga operator negara (China Union, China Unicom, China Mobile) bersama dengan perusahaan penyiaran lokal.

Lisensi yang diberikan termasuk penggunaan spektrum. Salah satu spektrum yang dapat digunakan adalah 2,6 Ghz, dengan lebar masing-masing 100 Mhz.

Dengan pemberian lisensi itu, China mulai merealisasikan ambisi yang sudah diusung sejak 2014, yakni komersialisasi 5G secara nasional mulai 1 Oktober 2019.

Latest