Sunday, September 22, 2019
Home News Security WhatsApp Rentan Dimanipulasi

WhatsApp Rentan Dimanipulasi

-

Jakarta, Selular.ID – Terdapat sebuah celah yang kini mengancam keamanan dari aplikasi chat populer WhatsApp. Celah itu memungkinkan pengguna memanipulasi obrolan di aplikasi.

Dilansir dari Checkpoint, dari demonstrasi yang dilakukan, sebuah alat bisa mengubah pesan dari pengirim dan membuatnya seolah-olah memang pengirim mengetik pesan itu sendiri.

Jadi, penerima pesan bisa saja mengedit pesan yang dikirimkan oleh rekannya sesuai dengan keinginannya sendiri dan terlihat seperti pengirim-lah yang memang mengetik pesan tersebut.

Baca juga: Google Assistant Kini Bisa Membaca dan Membalas Pesan WhatsApp

Lebih lanjut peneliti dari Checkpoint Oded Vanunu mengatakan cara itu bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanipulasi pesan itu menjadi Hoax.

Bahkan Vanunu juga menambahkan semua karakter dalam pesan di Platform milik Facebook tersebut bisa dimanipulasi.

Lebih parahnya lagi, tak cuma isi pesannya yang bisa diganti, melainkan identitas pengirim pesannya pun juga bisa diubah. Hal ini, lagi-lagi, sangat berbahaya karena bisa menyebarkan hoax di WhatsApp.

Baca juga: Facebook Ingin Ukir Namanya di WhatsApp dan Instagram

Ada juga celah lainnya yang disorot para peneliti Checkpoint, namun celah itu sekarang sudah berhasil diperbaiki oleh Facebook.

Celah yang dimaksud adalah bagaimana menipu pengguna untuk mempercayai kalau mereka sedang mengirimkan pesan privat ke satu orang, padahal sebenarnya ia mengirimkan pesan tersebut ke grup publik.

Vanunu juga mengatakan Facebook telah memberi tahu mereka bahwa masalah lain tidak dapat diselesaikan karena “keterbatasan infrastruktur” di WhatsApp.

 

Latest