Tuesday, April 7, 2020
Home News Market Update Top 5 Produsen Smart Speaker Global Q2-2019

Top 5 Produsen Smart Speaker Global Q2-2019

-

Jakarta, Selular.ID – Perangkat smart speaker memang belum populer di tanah air, namun di negara-negara maju, produk pengeras suara dengan suntikan asisten virtual pintar itu terus mencuri minat konsumen.

Kian digemari, pasar smart speaker kian tumbuh. Menurut laporan terbaru dari perusahaan riset Canalys, pengiriman global perangkat mencapai 26,1 juta unit selama kuartal kedua, naik 55,4% dari tahun ke tahun.

Itu adalah tingkat pertumbuhan yang akan membuat sebagian besar produk elektronik konsumen lainnya iri. Total penambahannya mencapai 9,3 juta speaker selama periode tiga bulan, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Terus memimpin industri adalah pencipta kategori itu sendiri, Amazon. Pabrikan jajaran speaker Echo itu mengirimkan 6,6 juta unit dari April hingga Juni, meningkat 61,1% setiap tahun, dengan pangsa pasar global 25,4%.

Berita besar dalam laporan ini adalah kedudukan Google sekarang telah digeser dari produsen smart speaker terbesar kedua oleh Baidu China. Canalys mengutip “pemasaran agresif” menjadi alasan mengapa itu mengalahkan Google selama kuartal kedua.

Baidu mengirimkan total 4,5 juta smart speaker selama periode itu dibandingkan dengan 4,3 juta untuk Google.

Baidu dan Google masing-masing memiliki 17,3% dan 16,7% dari pasar speaker global. Secara tahunan, pengiriman pengeras suara Baidu melambung 3700% selama periode tiga bulan.

Menyusul Google, di tempat keempat berdiri konglomerat Tiongkok Alibaba, dengan mengirimkan 4,1 juta unit selama tiga bulan.

Meskipun pengiriman meningkat hampir 39%, perusahaan tidak dapat mengikuti pasar secara keseluruhan dan pangsa pasarnya menurun dari 17,7% menjadi 15,8%.

Dan di tempat kelima adalah Xiaomi dengan pengiriman 2,8 juta penutur dan sepotong kue 14,1%.

Jika Anda bertanya-tanya di mana Apple dan speaker pintar HomePodnya berada, itu dikelompokkan ke dalam kategori yang ditandai “others.” Kelompok itu mengirimkan total 3,7 juta speaker untuk pangsa pasar 14,1%.

TERBARU

Demi Turunkan Harga Z Flip, Samsung Siap Produksi Layar...

Jakarta, Selular.ID - Samsung dikabarkan berencana untuk memproduksi kaca layar lipat miliknya sendiri. Langkah...

iPhone 12 Pro Akan Hadir dengan Dukungan Teknologi Lidar

Jakarta, Selular.ID - Apple sedang bersiap menghadirkan iPhone 12 flagship tahun ini. Bocoran mengungkapkan...

Layanan Broadband Telkomsel Naik 16% Selama Pandemi Covid-19

Jakarta, Selular.ID - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI...

Latest