Wednesday, November 20, 2019
Home News Rumour Huawei Mate 30 Akan Rilis Tanpa Google?

Huawei Mate 30 Akan Rilis Tanpa Google?

-

Jakarta, Selular.ID – Bocoran mengenai perilisan Huawei Mate 30 telah lama beredar, kini dikabarkan akan hadir tanpa Andorid OS. Smartphone high-end milik Huawei ini mungkin tetap akan rilis, walaupun tidak menawarkan aplikasi seperti Google Maps.

Dilansir dari Reuters, seorang juru bicara Google mengatakan Huawei Mate 30 tidak dapat dijual dengan aplikasi dan layanan berlisensi Google. Hal itu dikarenakan adanya larangan penjualan AS ke Huawei.

Sejak pemerintah Amerika Serikat memasukan Huawei ke daftar hitam, Mate 30 menjadi smartphone pertama yang akan diluncurkan.

Donald Trump menuduh perusahaan itu membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat, walaupun Huawei menyangkalnya.

Baca juga: Huawei: Harmony OS Bukan Pengganti Android

Larangan dari Donald Trump bahkan berdampak besar bagi penjualan di luar China tepatnya di pasar Eropa yang dilaporkan dari Counterpoint merosot menjadi 19,3% pada Q2 dari 24,9% pada Q1.

“Kalau tidak bisa menggunakan Android kita akan mengembangkan sistem operasi dan ekosistem kita sendiri,” ujar Joe Kelly selaku juru bicara Huawei dikutip dari Reuters.

Huawei kemungkinan dapat menggunakan versi open-source Android tanpa melanggar larangan dari Amerika Serikat, tetapi aplikasi Google hanya dapat digunakan di Eropa dengan lisensi yang berbayar.

Di sisi lain, Huawei telah mengumumkan OS-nya sendiri yang disebut Harmony. Tentunya hampir semua pengguna smartphone lebih terbiasa dengan Android OS jika dibandingkan dengan Huawei OS.

Bahkan, analis Independen Richard Windsor mengatakan kepada Reuters bahwa tidak akan ada yang membeli layanan jika Huawei Mate 30 tanpa layanan Google. Hal itu tampaknya membuat vendor asal Tiongkok ini akan mempertahankan Andoid OS.

Baca juga: Begini Bocoran Baterai dari Huawei Mate 30 Series

Sampai akhir pekan lalu, eksekutif senior Huawei memberikan nada percaya diri mengenai Android dan Google.

“Ponsel baru kami masih akan berbasis Android” tegas Vincent Pang selaku Senior Vice President and Board Director of Huawei.

Lebih lanjut Vincent mengatakan ingin mempertahankan satu standar, satu ekosistem serta satu teknologi bagi Huawei.

Latest