Tuesday, September 17, 2019
Home News Enterprise Huawei Luncurkan Prosesor AI Ascend 910 dan MindSpore

Huawei Luncurkan Prosesor AI Ascend 910 dan MindSpore

-

Jakarta, Selular.ID – Huawei secara resmi mengumumkan peluncuran prosesor AI Ascend 910, serta framework komputasi AI untuk segala macam skenario penerapan, MindSpore.

Eric Xu, Rotating Chairman di Huawei mengatakan, “Kami bangga dapat meluncurkan Ascend 910 dan MindSpore, portofolio AI full-stack paling mutakhir untuk segala macam skenario. Peluncuran ini sekaligus menandai babak baru bagi Huawei dalam mengusung strategi AI.”

Ascend 910

Prosesor AI mutakhir dari Huawei ini masuk ke dalam jajaran chipset Ascend-Max. Prosesor ini diharapkan akan memiliki spesifikasi rencana seperti yang telah diumumkan sebelumnya pada perhelatan Huawei Connect di tahun lalu.

Untuk pengujian operasi floating point (FP16) setengah presisi, Ascend 910 mampu menghantarkan 256 TeraFLOPS dengan sukses. Pada perhitungan presisi integer (INT8), Ascend 910 mampu mencapai angka hingga 512 TeraOPS. Selain performa luar biasa yang ditunjukkannya, konsumsi daya maksimum pada Ascend 910 hanya sebesar 310W, jauh lebih rendah dari spesifikasi rencana, yakni di angka 350W.

Huawei menggunakan Ascend 910 pada proses model training teknologi AI. Pada sesi training berbasis ResNet-50, penggunaan Ascend 910 yang dikombinasikan dengan MindSpore mampu menghasilkan model training teknologi AI dengan kecepatan dua kali lebih tinggi dari pada yang dihasilkan oleh kartu training arus utama lainnya yang memakai TensorFlow.

MindSpore

Pada kesempatan yang sama, Huawei juga meluncurkan MindSpore, yakni framework komputasi AI yang mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi AI untuk segala jenis skenario penerapan.

MindSpore menjamin privasi pengguna, karena MindSpore hanya bersinggungan dengan informasi gradien dan model yang sudah terproses sebelumnya. MindSpore tidak memproses data sendiri, sehingga data pengguna yang bersifat pribadi akan terlindungi secara efektif, bahkan di lingkungan dengan beragam skenario sekalipun.

Selain itu, MindSpore juga telah dilengkapi dengan teknologi tertanam yang menghadirkan proteksi pada model penerapan yang ada, sehingga menjamin dihadirkannya keamanan yang kokoh.

MindSpore mampu beradaptasi dengan segala jenis skenario yang digelar di lintas perangkat, edge, hingga di lingkungan cloud, serta mampu menjalin seluruh skenario tersebut secara on-demand. Desain dengan konsep “AI Algorithm as Code” yang diusung dalam MindSpore memudahkan pengembang dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi AI canggih, sekaligus dalam melakukan training pada model yang telah mereka bangun, dengan cepat.

“MindSpore nantinya akan dihadirkan di kuartal pertama tahun 2020, dalam bentuk sumber terbuka. Kami ingin mendorong pengadopsian AI secara lebih luas lagi dan mendukung para pengembang dalam mengoptimalkan kapabilitas yang mereka miliki,” ujar Xu.

Peluncuran Ascend 910 dan MindSpore menjadi komponen kunci pada gelaran portofolio Huawei untuk teknologi AI full-stack untuk segala macam skenario.

Di akhir penyampaiannya, Xu menambahkan Huawei akan terus mempererat jalinan kerja sama dengan mitra-mitranya dalam mengusung teknologi-teknologi mutakhir yang mendukung kemudahan akses dan pemanfaatan teknologi AI secara lebih luas, agar membawa manfaat bagi kehidupan manusia, untuk perusahaan, hingga penggunaan di rumah-rumah.

Latest