Tuesday, September 17, 2019
Home News Hangouts Chat Hadir Bagi Pelaku Bisnis

Hangouts Chat Hadir Bagi Pelaku Bisnis

-

Jakarta, Selular.ID – Diperpanjang, pelanggan GSuite saat ini masih bisa menikmati layanan Hangout hingga Juni tahun depan. Sebelumnya, Google berencana akan mengakhirinya pada Oktober tahun ini.

Tetapi search engine raksasa itu dikabarkan akan menundanya hingga tahun depan.

Sejak Hangouts diluncurkan sebagai pengganti GChat pada 2013, layanan itu telah kehilangan beberapa fiturnya sejak perusahaan berhenti memperbarui sistemnya.

Kelak, Google berencana memindahkan pelanggan yang fokus pada bisnis itu ke dua layanan baru untuk GSuite, yakni Hangouts Chat (mirip Slack) dan Hangouts Meet (layanan video conference).

Baca juga: Google Tambah Fitur Smart Reply Untuk Hangouts Chat

Layanan terbaru Google memang memiliki fungsionalitas yang sama, tetapi tentunya terdapat lebih banyak dibanding Hangouts sebelumnya.

Namun, Google mengatakan para pelanggannya ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermigrasi dari Hangouts klasik ke Hangouts Chat. Maka dari itu penutupan Hangouts ditunda ke tahun depan.

Dilansir dari TheVerge, Google mengatakan sekarang saatnya untuk mulai mentransisikan semua pengguna ke layanan terbarunya. Google berjanji akan menambahkan lebih banyak fitur ke Hangouts klasik dan mempermudah transisinya.

Saat ini, pengguna Hangouts klasik hanya dapat mengirim pesan langsung ke pengguna Hangouts Chat. Di versi terbaru, pengguna juga bisa melihat atau berpartisipasi dalam obrolan grup.

Hingga saat ini, perubahan hanya berdampak bagi akun bisnis. Pengguna reguler tidak akan mengalami perubahan apapun.

“Tidak akan ada perubahan dari Hangouts klasik untuk konsumen. Hangouts akan ada terus untuk mendukung konsumen,” tulis Google.

Berkaca ke tabiat Google yang terus mengubah strategi terhadap layanan perpesanannya, apa pun bisa terjadi kelak.

Latest