Sunday, May 31, 2020
Home News Market Update Gartner: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2019

Gartner: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2019

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan terbaru dari Gartner Research, penjualan smartphone di seluruh dunia selama periode April – Juni berjumlah 368 juta unit. Angka itu 1,7% lebih rendah dari periode sama tahun lalu.

Samsung mempertahankan posisi teratas dalam hal pangsa pasar dengan 20,4% dari semua penjualan smartphone untuk periode itu, diikuti Huawei dengan 15,8% dan Apple dengan 10,5%. Daftar lima teratas dilengkapi Xiaomi dan Oppo yang masing-masing memegang pangsa pasar 9 dan 7,6%.

Khusus Samsung, ini adalah pertumbuhan pertama setelah enam kuartal menurun berturut-turut, karena perusahaan berhasil mengirimkan total 75 juta unit. Hasil kuartalan cemerlang ini terjadi berkat permintaan yang kuat untuk seri Galaxy A yang diperbarui.

Apple di sisi lain melihat permintaan yang terus berkurang untuk iPhone dan hanya mengumpulkan 38,5 juta pengiriman, turun dari 44,7 juta hanya setahun yang lalu.

“Permintaan untuk smartphone kelas atas melambat daripada permintaan untuk smartphone kelas menengah dan kelas bawah.” – Anshul Gupta (Gartner)

Melihat pada basis per negara, China mengumpulkan penjualan smartphone terbanyak untuk periode tersebut dengan 101 juta penjualan yang merupakan sedikit peningkatan 0,5% dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh potongan harga pada ponsel 4G high-end mengingat tren baru-baru ini cenderung untuk perangkat 5G di negara tersebut.

Brasil adalah satu-satunya negara di mana terjadi pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 1,3%. Temuan baru ini sejalan dengan laporan sebelumnya dari Gartner yang memperkirakan pengiriman smartphone global akan terus anjlok saat 2019 berakhir.

TERBARU

IdeaHub, Papan Tulis Cerdas Besutan Huawei

Jakarta, Selular.ID - Huawei meluncurkan white board pintar dalam seri IdeaHub generasi terbaru, yakni...

Zilingo Berikan Kado Spesial Lebaran Untuk Dunia Pendidikan

Jakarta, Selular.ID - Zilingo dan platform penggalangan dana BenihBaik.com bekerja sama, menghadirkan program penyaluran...

Gelar Acara 5 Juni, Sony Rilis PS 5?

Jakarta, Selular.ID - Usai cukup lama bungkam, Sony akhirnya mengumumkan bakal menggelar acara pada...

Latest