Saturday, October 19, 2019
Home News Market Update Gartner: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2019

Gartner: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2019

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan terbaru dari Gartner Research, penjualan smartphone di seluruh dunia selama periode April – Juni berjumlah 368 juta unit. Angka itu 1,7% lebih rendah dari periode sama tahun lalu.

Samsung mempertahankan posisi teratas dalam hal pangsa pasar dengan 20,4% dari semua penjualan smartphone untuk periode itu, diikuti Huawei dengan 15,8% dan Apple dengan 10,5%. Daftar lima teratas dilengkapi Xiaomi dan Oppo yang masing-masing memegang pangsa pasar 9 dan 7,6%.

Khusus Samsung, ini adalah pertumbuhan pertama setelah enam kuartal menurun berturut-turut, karena perusahaan berhasil mengirimkan total 75 juta unit. Hasil kuartalan cemerlang ini terjadi berkat permintaan yang kuat untuk seri Galaxy A yang diperbarui.

Apple di sisi lain melihat permintaan yang terus berkurang untuk iPhone dan hanya mengumpulkan 38,5 juta pengiriman, turun dari 44,7 juta hanya setahun yang lalu.

β€œPermintaan untuk smartphone kelas atas melambat daripada permintaan untuk smartphone kelas menengah dan kelas bawah.” – Anshul Gupta (Gartner)

Melihat pada basis per negara, China mengumpulkan penjualan smartphone terbanyak untuk periode tersebut dengan 101 juta penjualan yang merupakan sedikit peningkatan 0,5% dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh potongan harga pada ponsel 4G high-end mengingat tren baru-baru ini cenderung untuk perangkat 5G di negara tersebut.

Brasil adalah satu-satunya negara di mana terjadi pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 1,3%. Temuan baru ini sejalan dengan laporan sebelumnya dari Gartner yang memperkirakan pengiriman smartphone global akan terus anjlok saat 2019 berakhir.

Latest