Wednesday, November 13, 2019
Home News ATSI: Regulasi IMEI Harus Pro Pelanggan

ATSI: Regulasi IMEI Harus Pro Pelanggan

-

Jakarta, Selular.ID – Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyikapi aturan IMEI yang menurut rencana akan diberlakukan pada 17 Agustus ini. Pernyataan sikap ATSI ini disampaikan Merza Fachys, Wakil Ketua dari ATSI dalam sebuah diskusi yang digelar di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pertama, ATSI menyatakan mendukung adanya regulasi tata kelola IMEI yang bertujuan untuk menghindari kerugian negara serta perlindungan konsumen.

Lebih lanjut Merza menyebutkan, sikap pemerintah tetap harus meningkatkan pengendalian dan pengawasan import, perdagangan serta industry perangkat telekomunikasi seluler.

“Regulasi tata kelola IMEI hanya boleh menambah beban operator seluler (opsel), baik secara investasi maupun secara operasional jaringan, seminimum mungkin,” ungkapnya.

Hal lainnya menurut Merza harus adanya penerapan regulasi tata kelola IMEI yang dimulai dengan perangkat selular baru serta juga memberikan amnesti kepada semua perangkat seluler eksisting.

Menurut Merza, peran operator juga dibutuhkan dalam mendukung terbitnya aturan IMEI dengan memantau IMEI yang aktif.

“Regulasi tata kelola IMEI harus pro pelanggan, sehingga tidak ada blocking setelah pengguna menikmati layanan,” tutup Merza.

Latest