Friday, September 20, 2019
Home News Setelah Memperbaiki, Apple Kembali Aktifkan Fitur Walkie Talkie

Setelah Memperbaiki, Apple Kembali Aktifkan Fitur Walkie Talkie

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu aplikasi Walkie Talkie Apple watch dimatikan sementara oleh Apple.

Hal ini dilakukan karena Apple menemukan bug yang dapat disalahgunakan oleh peretas untuk menguping pembicaraan pengguna tanpa izin.

Adanya bug yang ditemukan, memungkinkan orang lain menguping pembicaraan di iPhone.

Dilaporkan Wareable, setelah menambal celah keamanan pada aplikasi Walkie-Talkie lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5.3, kini pengguna bisa kembali menikmati aplikasi tersebut.

Selain menambal celah keamanan pada aplikasi Walkie-Talkie, pembaruan sistem operasi ini juga menghadirkan fitur electrocardiogram (ECG) pada Apple Watch 4 untuk wilayah Kanada dan Singapura.

Pembaruan ini dapat diunduh pengguna lewat aplikasi Apple Watch yang terpasang pada iPhone. Pengguna cukup masuk ke dalam menu “general” pada halaman pengaturan, kemudian pilih “software update”.

Aplikasi Walkie-Talkie pertama kali diperkenalkan lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5 tahun lalu. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna Apple Watch untuk melakukan komunikasi suara ala push-to-talk dengan pengguna Watch lain.

Mengenai bug yang singgah di Walkie Talkie beberapa waktu lalu, Apple mengaku baru mengetahui permasalahan ini dan menyebut tidak mempercayai kerentanan ini akan dimanfaatkan oleh seseorang.

Apple menyebut permasalahan ini membutuhkan urutan peristiwa tertentu untuk dapat terjadi, sehingga bug ini terkesan rumit dan bukan hal yang dapat terjadi secara tidak sengaja. Hal ini berbeda dengan bug Group FaceTime pada awal tahun ini, yang dengan mudah terjadi pada siapapun.

Sehingga Apple memutuskan untuk menonaktifkan layanan Walkie-Talkie dan aplikasi ini tidak akan dapat digunakan hingga Apple dapat memperbaiki permasalahan tersebut. Kini, setelah memperbaiki dan menambal bug, Apple mengaktifkan kembali fitur ini.

Latest