Friday, September 20, 2019
Home News Market Update Resmi, Apple Beli Bisnis Modem Smartphone Intel

Resmi, Apple Beli Bisnis Modem Smartphone Intel

-

Jakarta, Selular.ID – Usai desas-desus yang beredar pekan ini, akhirnya Apple resmi membeli bisnis modem smartphone Intel. Perusahaan mengumumkan hal itu melalui website resmi, Jumat (26/7/2019).

Sudah sejak lama Apple berusaha mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm untuk modem smartphone.

Selama beberapa tahun ia menggunakan komponen Intel dalam handsetnya bersama Qualcomm, tetapi setelah penyelesaian antara Apple dan Qualcomm beberapa bulan lalu, Intel ditinggalkan, ‘dipaksa’ untuk keluar dari bisnis modem 5G yang baru lahir tanpa ada pelanggan.

Sekarang Apple telah melangkah maju dan mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel, seperti yang dikabarkan sebelumnya. Apple akan membayar $1 miliar untuk transaksi tersebut, yang diperkirakan akan ditutup pada kuartal keempat tahun ini.

Sekitar 2.200 karyawan Intel yang bekerja pada modem seluler akan bergabung dengan Apple, bersama dengan properti intelektual, peralatan, dan sewa.

Setelah kesepakatan ditutup, Apple akan memiliki lebih dari 17.000 paten teknologi nirkabel yang tadinya milik Intel, mulai dari protokol untuk standar seluler hingga arsitektur dan operasi modem. Intel masih akan dapat mengembangkan modem lain untuk PC, perangkat IoT, dan kendaraan otonom, kecuali smartphone.

Dengan demikian Apple akan menghadirkan tim pengembangan modem besar di rumah sendiri, yang akan membantunya menciptakan solusi guna bersaing dengan Qualcomm, untuk digunakan di iPhone beberapa tahun ke depan.

Latest