Saturday, October 19, 2019
Home News Market Update Punya 331 Juta Pelanggan, Jio Jadi Operator Terbesar di India

Punya 331 Juta Pelanggan, Jio Jadi Operator Terbesar di India

-

Jakarta, Selular.ID – Tiga tahun lalu konglomerat India Reliance meluncurkan operator seluler dan jaringan broadband baru di India bernama Jio. Pekan ini, Jio menjadi operator telekomunikasi terbesar di negara itu, melampaui Bharati Airtel dan Vodafone-Idea.

Dalam laporan triwulanan yang baru-baru ini dirilis, perusahaan mengatakan basis pelanggan selulernya telah tumbuh menjadi 331,3 juta pengguna di seluruh negeri.

Jio mengungguli saingannya Vodafone-Idea yang basis pelanggannya turun menjadi 320 juta dari 334,1 juta kuartal ini. Sementara Airtel belum merilis angka kuartalannya, basis pelanggannya di bulan Mei adalah 320,6 juta.

Reliance Jio memulai layanannya dengan menawarkan kartu SIM gratis, panggilan suara gratis melalui jaringan 4G, dan data murah di Rs. 22 (sekitar Rp4.500) per GB. Karena penawaran awal ini, nomor pelanggan perusahaan telekomunikasi melampaui 100 juta hanya dalam waktu 170 hari.

Ketika basis pengguna tumbuh, perusahaan menawarkan paket data yang lebih murah. Sampai hari ini, beberapa rencananya menawarkan data dengan Rs 3,17 (sekitar Rp650) per GB, yang merupakan yang termurah di dunia. Jio juga menawarkan konten gratis melalui banyak aplikasi termasuk JioTV, Jio Cinema, Jio News, dan Jio Saavn (sebelumnya Jio Music).

Pada 2017, perusahaan meluncurkan ponsel berfitur ‘pintar’ yang menjalankan KaiOS yang disebut JioPhone yang datang dengan aplikasi seperti Twitter dan Maps. Penggantinya, JioPhone 2, diluncurkan setahun kemudian dan membawa aplikasi populer seperti Facebook dan WhatsApp ke platform.

Awal tahun ini, Jio mengatakan telah menjual lebih dari 50 juta perangkat ini, berkontribusi pada pertumbuhan jaringannya.

Perusahaan telekomunikasi itu memiliki peran monumental dalam memicu booming internet seluler India. Sebuah laporan oleh Economic Times menyarankan setelah Jio memasuki pasar itu memaksa pesaing untuk memangkas harga mereka; membawa tingkat data turun menjadi Rs 15 per GB (Rp3.000) dari rata-rata Rs 250 per GB (Rp51.000).

Jio juga mencatat orang India sekarang mengonsumsi 3,7 miliar GB data per bulan dibandingkan dengan 200 juta GB per bulan, tiga tahun lalu, mewakili peningkatan 18,5x.

Sebuah laporan yang dirilis pada bulan Maret menunjukkan ada lebih dari 566 juta pengguna internet di India. Namun, masih ada sebagian besar populasi yang belum online.

Latest