Friday, September 20, 2019
Home News Market Update Diam-diam, Motorola Kuasai Pasar Smartphone AS

Diam-diam, Motorola Kuasai Pasar Smartphone AS

-

Jakarta, Selular.ID – Pemain veteran industri seluler Motorola diam-diam berhasil menduduki daftar vendor penguasa pasar smartphone Amerika Serikat. Menurut laporan terbaru Lembaga riset Counterpoint, Motorola berada di posisi keempat terbesar di AS.

Laporan kuartal pertama 2019 menunjukkan pangsa pasar smartphone AS per kuartal oleh OEM top. Periode Januari sampai akhir Maret 2019 itu berturut-turut didominasi Apple, Samsung, LG, dan Motorola.

Berbeda dengan kondisi Motorola yang hengkang dari Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara lainnya, Motorola fokus bertahan di negara asalnya (AS) dan beberapa pasar Eropa lainnya. Perlu dicatat, berbeda dengan pasar Indonesia, pasar smartphone AS sebagian besar digerakkan oleh operator.

Khusus di pasar smartphone AS, terkonsentrasi pada tiga brand teratas: Apple, Samsung dan LG mengendalikan 78% dari total pengiriman selama kuartal tersebut.

Namun, pada kuartal ini, tiga brand teratas itu mengalami penurunan signifikan (Apple, Samsung, dan LG). Sementara Motorola dan Google mencatat pertumbuhan menonjol.

Kenaikan ini sudah terlihat sejak tahun lalu. Motorola sedikit demi sedikit menambah pangsa pasarnya di AS.

Pada kuartal sebelumnya, (Q4 2018) Motorola juga mengalami pertumbuhan minor tapi signifikan, bersama Alcatel dan Samsung.

Bahkan, pada kuartal ketiga 2018, Motorola juga menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 54% di Q3 2018.

Latest