Wednesday, July 17, 2019
Home News Samsung Kerjasama dengan AMD untuk Membuat GPU Smartphone

Samsung Kerjasama dengan AMD untuk Membuat GPU Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2018, beredar rumor tentang pabrikan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, yang akan membuat smartphone gaming dengan GPU milik perusahaan sendiri.

Namun sepertinya rumor tersebut kurang tepat, karena Samsung telah mengumumkan akan memasuki “kemitraan strategis multi-tahun” dengan raksasa komputasi AMD. Kerjasama tersebut akan memungkinkan smartphone Samsung berikutnya menggunakan GPU besutan AMD.

Secara khusus, arsitektur grafis Radeon AMD yang saat ini digunakan dengan sukses besar di PC dan konsol game, akan dilisensikan ke Samsung untuk digunakan dalam perangkat seluler, termasuk smartphone, dan produk lain yang melengkapi penawaran produk AMD.

Dilansir dari Techradar, Radeon IP menjanjikan “daya sangat rendah dan kinerja tinggi” dan kemungkinan besar akan berakhir di prosesor Exynos System-on-Chip (SoC) Samsung di masa depan, namun tidak ada rencana resmi untuk produk tertentu yang dirilis.

Integrasi teknologi Radeon memungkinkan pemrosesan grafis yang lebih kuat dengan lebih sedikit permintaan konsumsi daya.

Sebagai hasilnya, kita berpotensi melihat handset yang lebih terjangkau dengan kemampuan grafis yang layak, atau flagship premium yang dapat menjalankan game dan simulasi yang lebih intensif tanpa terlalu mengeluarkan hawa panas atau memperburuk masa pakai baterai.

Meskipun tidak ada kabar waktu yang diberikan, kecil kemungkinan GPU bertenaga AMD Radeon akan digunakan di smartphone Samsung dalam waktu dekat. Karena perusahaan mungkin memerlukan waktu untuk menyesuaikan teknologi chip AMD untuk smartphone.

Latest