Thursday, October 17, 2019
Home News Ini Alasan Twitter Hilangkan Tag Lokasi

Ini Alasan Twitter Hilangkan Tag Lokasi

-

Jakarta, Selular.ID – Fitur Tag lokasi hadir di Twitter sejak 2009, alasan saat itu Twitter menyertakan fitur tersebut karena Twitter memperkirakan fitur itu akan digunakan pengguna mencari cuitan berdasarkan lokasi.

Namun informasi terbaru menyebutkan, bahwa Twitter akan menghapus fitur tag lokasi yang sudah sepuluh tahun hadir di cuitan, pasalnya tidak banyak pengguna yang menggunakan geotag dalam tulisan di mikroblog tersebut.

Pengumuman fitur Geotag tak tersedia lagi untuk publik,disampaikan Twitter lewat sebuah kicauan di akun @TwitterSupport, seperti dilaporkan Tech Crunch.

Alasannya, sebagian besar orang tidak memberi tag lokasi mereka yang sebenarnya di Tweet, sehingga, Twiter menghapus kemampuan untuk menyederhanakan pengalaman cuitan.

Fitur ini hanya dihapus dari cuitan, sebab Twitter menyatakan geotag masih bisa dipakai untuk unggahan gambar.
pengguna masih bisa menggunakan lokasi tepat di Tweet dari kamera yang sudah diperbarui. Ini membantu ketika berbagi peristiwa langsung. Tidak hanya itu berbagi lokasi di cuitan masih bisa dilakukan dengan aplikasi ketiga, misalnya Foursquare.

Perlu diketahui, fitur tag lokasi saat hadir di Twitter menjadi fitur dipakai banyak orang untuk pamer keberadaan mereka. Terlebih di saat itu aplikasi Foursquare, media sosial yang memanfaatkan fitur Geotag.

Pada akhirnya fitur Geotag kurang diminati. Foursquare juga ditinggalkan banyak orang. Ada unsur mengganggu privasi pada fitur tersebut. Orang-orang bisa menelusuri Tweet yang menggunakan Geotag, dan memungkinkan mereka untuk mengetahui keberadaan orang yang me-tweet tersebut.

Ada yang menganalisa jika Twitter saat ini mulai menghilangkan fitur-fitur yang tidak berguna untuk membuat layanan mereka lebih mudah untuk digunakan. Pada waktunya nanti, Twitter harus lebih melakukan riset mendalam sebelum merilis suatu fitur atau produk

Latest