Saturday, July 20, 2019
Home News Market Update Hanya 2 Seri Huawei yang Tersedia di Pasaran

Hanya 2 Seri Huawei yang Tersedia di Pasaran

-

Jakarta, Selular.ID – Perang dagang Amerika Serikat dan China semakin memanas. Industri smartphone global pun terkena imbasnya.

Raksasa industri Google akhirnya memutuskan menyetop menyediakan layanan untuk smartphone keluaran Huawei. Melihat situasi dan menunggu kejelasan, konsumen pun mulai menahan diri dari membeli smartphone Huawei, termasuk di Indonesia.

Tanpa ada pembeli, stok smartphone Huawei menyusut di pasaran. Dari pantauan Selular di pusat penjualan ponsel ITC Roxy Mas Jakarta Pusat dan Roxy Square membuat toko dan distributor tidak banyak menyediakan smartphone Huawei.

Beberapa pedagang mengatakan sejak sebulan lalu di tokonya atau di daftar harga hanya ada dua seri Huawei yang tersedia, yakni Huawei P30 Lite, Huawei Y7 Pro kapasitas 3/32 dan Huawei Y7Pro 4/64, untuk seri lain tidak tersedia.

“Sudah sebulan lebih, di toko saya cuma sediakan dua seri Huawei seri Huawei lain nga ada, itu juga cuma satu di distributor yang sedia ponsel Huawei,”ujar Simon pemilik, Chans Celullar, ITC Roxy Mas Jakarta Pusat (28/09/19).

Dikatakan Simon, dari beberapa distributor yang ada di ITC Roxy Mas, hanya Seven Shop yang sampai saat ini menyediakan ponsel Huawei, distributor lainnya sudah sebulan tidak menyediakan.

“Semua toko kondisinya sama, tapi sebelum ponselnya langka, memang Huawei penjulaannya biasa saja, hanya customer yang sudah tahu spesifikasi Huawei yang langsung cari Huawei,” tutur Simon.

Hal senada pun diungkapkan Yanti, Pemilik Sabang Cell, ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, jika smartphone lain hampir semua distributor jual, kini hanya satu distributor saja yang menyediakan, itu pun hanya beberapa seri.

Namun menurut Yanti, kendati barangnya hanya terbatas, untuk saat ini harganya masih normal, artinya tidak mengalami turun harga ataupun naik.

“Harga masih normal untuk Huawei P30 lite harganya masih Rp3,9 juta, Y7 Pro RAM 3 masih Rp1,8 juta, dan Y7 Pro RAM 4 harganya masih Rp2,3 juta, seri lain kosong dan distributor tidak sedia,”kata Yanti.

Wilma, Pemilik Wima Cell Roxy Square juga mengamini, pasalnya Roxy Square, tergantung dengan kondisi di ITC Roxy Mas, jika ITC Roxy Mas hanya mendistribusikan beberapa seri Huawei, Roxy Square pun akan mengalami hal yang serupa.

‘Kebanyakan pedagang di Roxy Square, distibutornya di ITC Roxy Mas, jadi sama saja. Dan sepertinya bukan cuma di ITC Roxy Mas yang seperti ini, saya yakin semua pusat penjualan ponsel akan sama, karena ITC Roxy Mas kan jadi acuannya.

Tidak langsung mengamini pendapat sejumlah penjual di kedua pusat penjualan ponsel, Selular pun coba menanyakan ke Hambarwati, yang merupakan Promotor Huawei, promotor yang awalnya bertugas di Erajaya ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, dan kini bertugas di Store Taman Anggrek, Jakarta Barat, belum mau berkomentar, dikatakan dirinya harus berhati-hati memberikan komentar terkait hal ini.

“Jangan sekarang, soalnya takut salah, nanti akan saya informasikan, tapi tidak sekarang ya,” tutup Hambar.

Latest