Tuesday, October 15, 2019
Home News Telco China Bersiap Luncurkan 5G Komersial

China Bersiap Luncurkan 5G Komersial

-

Jakarta, Selular.ID – Masyarakat China selangkah lagi akan menikmati layanan 5G komersial. Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) China mulai membersihkan operator untuk mulai menggunakan layanan, menjadi penanda bahwa negara tersebut berada di ambang mengeluarkan lisensi 5G komersial.

Kantor Berita Xinhua mengutip MIIT, menyatakan bahwa China siap untuk peluncuran 5G komersial, dengan perusahaan-perusahaan terkemuka termasuk Nokia, Ericsson dan Qualcomm terlibat dalam pengembangan teknologi.

Pemerintah China memberikan lisensi kepada tiga operator utama negara itu untuk melakukan uji coba 5G pada 2018, namun peluncuran komersial belum disetujui.

Sejauh ini tanggal peluncuran yang tepat tidak diumumkan, tetapi diharapkan segera diketahui.

MIIT dilaporkan mengatakan China memiliki lebih dari 30% paten esensial standar untuk teknologi, dibangun melalui kombinasi inovasi independen dan kerja sama terbuka pada standar 5G.

Peluncuran 5G diharapkan memberikan dorongan besar bagi perekonomian negara dan sektor teknologi. Mereka akan tepat waktu karena vendor utama negara itu Huawei dan ZTE menghadapi pengawasan dari AS atas keamanan.

Ernst & Young memperkirakan tiga operator utama Cina akan menghabiskan hampir US$ 5 miliar untuk infrastruktur terkait 5G pada 2019 saja, dengan total pengeluaran mereka diperkirakan mencapai US$ 217 miliar antara 2020 dan 2025.

Prediksi bahwa operator China menggunakan layanan 5G komersial pada 2020 secara luas, telah mendorong perlombaan diantara negara-negara front liner lainnya, seperti AS, Korea Selatan, Jepang dan beberapa bagian Eropa, termasuk Inggris. Hal itu telah memacu regulator untuk mempercepat jadwal peluncuran.

Latest