Sunday, June 16, 2019
Home News Telco Berselancar Maya di Kota Tegal

Berselancar Maya di Kota Tegal

-

Tegal, Selular.ID – Tegal menjadi salah satu kota tujuan mudik bagi umat isalm di Indonesia. Masih dalam suasana Lebaran, pada Hari H+3 saya pun mengunjungi kota ini untuk bersilaturahim dengan sanak Keluarga.

Menjadi salah satu kota tujuan mudik, kotaTegal pastinya tidak lepas dari perhatian operator untuk memaksimalkan jaringannya. Saya pun penasaran untuk sekedar mengetahui bagaimana kecepatan jaingan internet milik operator selular di Kota ini.

Pengukuran kecepatan jaingan ini dilakukan hanya sekedar mengobati rasa keingintahuan saya saja, dan hanya dua operator saja yang jaringannya saya uji yakni XL Axiata dan Telkomsel.

Pengujian jaringan ini dilakukan sama-sama menggunakan kartu paska bayar mllik dua operator tersebut dan menggunakan smartphone yang spesifikasinya cukup tinggi. Untuk jaringan Telkomsel saya menggunakan Samsung Galaxy S7 sedangkan di jaringan XL saya menggunakan Huawei Mate 20 Pro.

Alun-alun kota Tegal menjadi tempat pertama pengujian. Di pusat Pemerintahan ini jaringan Telkomsel menunjukkan kecepatan download sebesar 13,9Mbps. Sedangkan jaringan XL Axiata hanya mampu mencapai angka 3,83 Mbps saja.

Pasar Pagi Tegal menjadi tempa pengujian kedua. Di tempat ini kedua operator menunjukkan performa jaringan yang mumpuni. XL Axiata mampu menembus kecepatan download sebesar 18,2Mbps.

Sementara itu Telkomsel menembus kecepatan download hingga 32,6 Mbps.

Pengujian berlanjut ke jalan Sultan Agung di restoran Bebek Slamet yang mengarah ke Slawi. Di wilayah ini jaringan kedua operator buruk sekali. XL Axiata hanya mampu mencapai kecepatan download 1,08Mbps. Telkomsel hanya mampu mencapai angka 0,43Mbps saja.

Hari berikutnya pengujian dilakukan di wilayah jalan Tegalsari. Kecepatan download cukup seimbang di wilayah ini. XL Axiata menunjukkan angka 18,7Mbps untuk downlad.

Sedangkan Telkomsel menunjukkan kecepatan download sebesar 19,8 Mbps.

Pengujian berlanjut ke Mall Pacific. Di tempat ini Telkomsel menunjukkan superioritas jaringannya dengan menembus angka 34,0Mbps untuk kecepatan download.

Sedangkan XL Axiata hanya mampu berada di angka 12,4Mbps untuk kecepatan downloadnya.

Malam harinya saya tidak ingin melewatkan acara grand launching Festival of Lights di Pantai Alam Indah. Di sini Telkomsel kembali menunjukkan keperkasaannya dengan menembus angka 27,4Mbps untuk kecepatan download.

Sayang sekali jaringan XL Axiata di tempat ini tak berdaya dengan hanya mampu menampilkan angka 0,47Mbps saja untuk kecepatan downloadnya.

Latest