Tuesday, December 10, 2019
Home News Smartfren Bangun Palapa Ring di 3 Kota Se-Indonesia

Smartfren Bangun Palapa Ring di 3 Kota Se-Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Di tahun 2019 ini, proyek Palapa Ring masih dalam tahap pengerjaan. Palapa Ring sendiri merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer serta kabel di daratan mencapai 21.807 kilometer.

Palapa Ring dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan letak geografis Indonesia, yaitu wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur. Untuk Palapa Barat dan Tengah sudah seratus persen rampung. Tinggal wilayah Timur saja yang belum rampung.

Palapa Ring Tengah menjangkau 27 kabupaten atau kota di Indonesia. Mulai dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Kalimantan Timur. Infrastruktur backbone di Palapa Ring Tengah ini terdiri dari Kabel Serat Optik Darat, Kabel Serat Optik Laut dan Microwave.

Baca juga : BAKTI Umumkan Tarif Jaringan Serat Optik Palapa Ring Tengah

Sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia turut berpartisipasi dalam pembangunan Palapa Ring. Salah satunya Smartfren.

“Kita sudah membangun Palapa Ring di 3 kota di Indonesia. Pertama kita bangun Palapa Ring di Natuna, Kepulauan Riau. Selanjutnya kita bangun di Singkawang dan Sambas, Kalimantan Barat,” ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys di Jakarta.

Sebelum membangun Palapa Ring di sebuah wilayah, dikatakan Merza, Smartfren melakukan analisa dulu terhadap area tersebut.

“Kita analisa dulu kemampuan Smartfren dalam membangun Palapa Ring. Kita lihat pasar dulu di sebuah area. Meskipun sudah ada Palapa Ring di sebuah wilayah, kita tidak langsung bangun jaringan di area tersebut. Kalau pasar nya bagus, baru kita bangun jaringan di wilayah tersebut,” terang Merza.

Baca juga : Jelang Arus Mudik, Smartfren Kerahkan 180 Lebih Mobil BTS di Seluruh Indonesia

Merza menyebutkan bahwa Palapa Ring merupakan kesempatan bagus untuk Smartfren menjangkau wilayah yang tidak ada transmisi.

“Begitu pemerintah nyatakan pembangunan Palapa Ring selesai, maka kita langsung bangun jaringan disana. Proses nya cukup cepat sekitar 2 bulan,” ucap Merza.

Menurut Merza, pembangunan backhaul tak hanya menjadi syarat utama dalam Palapa Ring. Pembangunan backhaul dirasa Merza, sudah menjadi kewajiban setiap operator.

“Sebelum maupun sesudah Palapa Ring, kami sudah membangun backhaul di Natuna. Awalnya, kami harus bangun bakhaul di Natuna jauh ke pelosok daerah. Tak hanya di Natuna, bakhaul juga kita bangun di Jakarta dan kota lain,” tutup Merza.

Latest