Monday, May 27, 2019
Home News Enterprise Pasar Tablet Redup, MediaTek Fokus di Smarthome dan Smartphone

Pasar Tablet Redup, MediaTek Fokus di Smarthome dan Smartphone

-

Jakarta,Selular.ID- Sebagai produsen chipset MediaTek menyebutkan jika brandnya merupakan brand nomor satu untuk pasar tablet Android, dan nomor dua di pasar smartphone.

Kenapa smartphone nomor dua, padahal saat ini pangsa pasar smartphone sedang tumbuh cukup baik, berbeda halnya dengan pasar tablet yang kian terpuruk.

Pang Sui Yen, Senior Manager, Corporate Sales Asia Africa MediaTek, tidak menapik jika pangsa pasar tablet sedang terpuruk

“Trendnya memang seperti itu, sehingga MediaTek fokus di smartphone dan smarthome,”kata Pang Sui Yen, dalam acara ramah tamah kepada media, (02/05/19).

Dia menjelaskan bahwa MediaTek menyediakan komponen chip juga untuk perangkat elektronik lainnya. Menurutnya, 80 hingga 90 persen televisi Sony Bravia menggunakan chip MediaTek. SoC buatan MediaTek hadir di banyak produk eletronik saat ini.

“Kami adalah perusahaan teknologi yang memang memproduksi chip atau prosesor tidak hanya untuk smartphone, tapi juga perangkat atau perusahaan teknologi lainnya,”ujar Pang Sui Yen.

Bahkan teknologi Internet of Things (IoT) dan 5G juga disasar oleh MediaTek dengan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) di SoC MediaTek.

Namun MediaTek berupaya untuk memberikan teknologi terbaiknya sesuai kebutuhan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagaimana dengan smartphone? menurut Pang Sui Yen, ketimbang Snapdragon, MediTek memang terbilang kalah pamor di Tanah Air. Banyak konsumen yang menggap remeh chip bikinan MediaTek, dan lebih memilih ponsel yang dipersenjatai chip Snapdragon sebelum membeli smartphone.

MediaTek pun tak mengelak asumsi bahwa tersebut. Namun, mereka berdalih bahwa salah satu faktornya adalah fokus MediaTek yang berbeda dengan pabrikan chipset lain.

Untuk saat ini sebagai bukti dari MediaTek terus berinovasi dalam chipset smartphone, produk MediaTek diadopsi smartphone asal China. Yakni seri chip Helio P, misalnya saja Helio P60 yang diadopsi oleh Oppo F9, Realme 3, Vivo V11, dan Luna X Prime.

Sementara chipset terbaru MediaTek, yakni Helio P70 dipakai di beberapa lini baru smartphone kelas mid-range, seperti Oppo F11 dan F11 Pro, Realme U1, dan Vivo V15.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest