Wednesday, November 13, 2019
Home News E-Commerce Ini Strategi Baru Blanja.com

Ini Strategi Baru Blanja.com

-

Jakarta, Selular.ID – Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin berkembang pesat. Jumlahnya pun terus bertambah hingga saat ini. Produk yang ditawarkan pun lebih bervariasi. Mulai dari produk fashion, makanan dan minuman, gadget, otomotif, kebutuhan harian dan lainnya.

Semua e-commerce terus melakukan inovasi dan melancarkan strategi baru untuk berkompetisi di ranah tersebut. Salah satunya Blanja.com yang merupakan perusahaan usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia Tbk dan eBay Inc dengan nama PT.MetraPlasa. Lantas strategi apa yang dilakukan Blanja.com ?

“Sama seperti marketplace lain, kita terus meningkatkan jumlah seller maupun buyer. Jumlah seller yang ada di Blanja.com saat ini terus meningkat,” ujar CEO Blanja.com, Jemy Confido di Jakarta.

Baca juga : Transaksi di Blanja.com dengan LinkAja Terus Meningkat

Dikatakan Jemmy, Blanja.com terus membangun engagement dengan seller. Salah satunya melalui Seller Relationship Program.

“Saat ini jumlah seller yang non brand mencapai 50 ribu. Untuk yang brand, jumlahnya diatas 50 ribu. Melalui kerjasama dengan Ebay, tercatat 500 juta item yang tersedia di Blanja.com dan Ebay.com,” terang Jemmy.

Menurut Jemmy, jenis dan ketegori produk di Blanja.com lebih bervariasi dan menarik. Kategori tersebut meliputi fashion, kesehatan dan kecantikan, olahraga, outdoor dan travel handphone dan tablet, komputer dan tablet, kamera dan aksesoris, perlengkapan rumah tangga, ibu, bayi dan anak, makanan dan minuman, otomotif, jam tangan dan aksesori, tiket, voucher dan hadiah serta produk digital.

“Hampir semua kategori yang kami sajikan di Blanja.com diminati oleh konsumen. Kategori yang populer di Blanja.com meliputi gadget dan elektronik, fashion serta digital produk. Ini terbukti dengan pertumbuhan transaksi di Blanja.com sebesar 18% selama kuatal pertama 2019,” ungkap Jemmy.

Baca juga : Semarakkan Ramadhan, Blanja.com Hadirkan Bedug Blanja

Jemmy optimis selama bulan Ramadhan, transaksi di Blanja.com akan meningkat lebih dari 50%.

“Kami menargetkan selama kurtal satu 2019 ini, transaksi di Blanja.com mencapai 50%,” papar Jemmy.

Untuk mencapai 50%, Jemmy mengatakan bahwa Blanja.com menghadirkan fitur baru yakni Bedug Blanja dan promo undian berhadiah melalui Koin Blanja di bulan Ramadhan ini.

Tidak seperti e-commerce lain, misalnya Tokopedia, Bukalapak dan lainnya, Blanja.com justru tidak populer sejak berdiri di Indonesia.

“Blanja.com memang tidak terlalu menonjol dibandingkan e-commerce lain. Ini kami lakukan untuk meningkatkan trafik dan fokus melayani segmen tertentu. Segmen kami lebih ke komunitas sehingga mampu memenuhi kebutuhan mereka dalam berbelanja di Blanja.com,” tutup Jemmy.

Latest