Monday, August 19, 2019
Home News Telco China Serukan ‘Boikot Apple’ Saat AS Menghukum Huawei

China Serukan ‘Boikot Apple’ Saat AS Menghukum Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Ketika perang dagang Washington-Beijing meningkat bersamaan dengan pembatasan baru terhadap raksasa telekomunikasi China Huawei di AS, telah terjadi peningkatan signifikan dalam gerakan “Boikot Apple” di China.

Menurut BuzzFeed News, belakangan semakin banyak pesan anti-Apple dan anti-Trump di Weibo, Twitter versi China.

“Saya merasa bersalah menonton perang dagang. Setelah saya punya uang, saya akan mengubah ponsel cerdas saya (iPhone),” salah satu pengguna memposting di Weibo.

“Saya pikir branding Huawei luar biasa, memotong sebuah apel menjadi delapan bagian,” baca posting lain.

China mendesak AS untuk berhenti “melecehkan perusahaan-perusahaan di luar negeri” dan mengecam keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menandatangani perintah darurat nasional yang melarang perusahaan-perusahaan Amerika menggunakan peralatan buatan luar negeri, dengan alasan kekhawatiran spionase.

Langkah AS, yang secara efektif membidik raksasa telekomunikasi China, Huawei, muncul ketika kedua negara adidaya ekonomi itu terkunci dalam perang perdagangan yang terasa pahit tanpa akhir.

Raksasa telekomunikasi China Huawei mengatakan bahwa mereka masih terbuka untuk menangani masalah keamanan AS.

“Fungsi-fungsi di Huawei dapat dibandingkan dengan iPhone Apple atau bahkan lebih baik. Kami memiliki alternatif smartphone yang begitu baik, mengapa kami masih menggunakan Apple?” kata salah satu pengguna di Weibo.

Ini bukan pertama kalinya gerakan “Boikot Apple” mendapat perhatian di China.

Pada Desember tahun lalu, sejumlah perusahaan China bersatu di belakang raksasa teknologi itu, menawarkan diskon besar-besaran kepada karyawan untuk membeli perangkat Huawei dan menghindari iPhone.

Menurut Nikkei Asian Review, langkah itu dilakukan setelah penahanan Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou di Kanada atas permintaan jaksa penuntut AS.

Lebih dari 20 perusahaan China juga turun ke media sosial untuk mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan pembelian produk Huawei lainnya.

Pengadilan China pada Desember 2018, juga melarang penjualan dan impor sebagian besar model iPhone setelah memberi Qualcomm perintah terhadap Apple.

Untuk menghindari larangan, Apple merilis pembaruan kecil untuk iOS, mengatakan bahwa iOS versi 12.1.2 berisi perubahan perangkat lunak khusus untuk China.

Latest