Saturday, May 25, 2019
Home News Rugi, Sony Mobile Akan Dilebur dengan Divisi Elektronik

Rugi, Sony Mobile Akan Dilebur dengan Divisi Elektronik

-

Jakarta, Selular.ID – Sony mengumumkan bahwa divisi mobile-nya akan digabungkan dengan produk TV, audio dan kamera. Dikutip dari GSMArena, divisi baru tersebut nantinya bernama Electronics Products and Solutions.

Sony mengatakan bahwa penyatuan divisi ini karena lini smartphone Xperia sudah meminjam divisi TV Sony beberapa waktu lalu. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa penyatuan divisi ini karena Sony Mobile memiliki kerugian yang cukup besar.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sony Mobile telah berjuang dengan menjual 13,5 juta unit semua unit smartphone di tahun 2017. Kemudian di tahun 2018, Sony memprediksikan 7 juta unit smartphone terjual.

Selama empat kuartal terakhir, Sony Mobile mengalami kerugian sangat besar, lebih dari USD 913 juta atau setara Rp 13 Triliun. Berbanding terbalik dengan divisi TV dan audio menghasilkan laba operasi USD 714 juta atau setara Rp 10 triliun dalam setahun terakhir.

Divisi kamera juga meraup keuntungan sangat besar yakni USD 804 juta dalam periode yang sama. Ini jelas menunjukan bahwa peleburan Sony Mobile untuk menambal kerugian divisi tersebut.

Sony Mobile telah berusaha mengurangi biaya untuk mengatasi kerugian yang semakin meningkat. Targetnya adalah memangkas pengeluaran hingga 50%. Sony percaya bahwa lini smartphone Xperia bisa menghasilkan keuntungan paling cepat pada 2021.

Xperia tidak hanya masuk dalam divisi Sony Mobile melainkan tergabung di divisi Sony lainnya. Sebab lini baru Xperia sudah mendukung jaringan 5G.

Sekitar setahun yang lalu, mantan CEO Sony, Kaz Hirai mengatakan bahwa menjaga divisi Mobile tetap hidup merupakan langkah strategis. Diyakininya, divisi Sony Mobile mampu menaikan pendapatan semua produk dan divisi Sony secara keseluruhan.

Namun CEO Sony yang baru yakni Kenichiro Yoshida tidak sependapat dengan Kaz. Kenichiro justru malah berencana menggabungkan Sony Mobile dalam satu divisi yakni Electronics Products and Solutions.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest