Tuesday, August 20, 2019
Home News Market Update LG Setop Produksi Smartphone di Korea

LG Setop Produksi Smartphone di Korea

-

Jakarta, Selular.ID – LG memutuskan menghentikan proses produksi smartphone flagship mereka di Korea Selatan. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengurangi biaya pengeluaran.

Seperti diketahui bersama, bisnis smartphone LG tidak membuahkan hasil positif tiga tahun brlakangan, tetapi perusahaan masih berharap mendapat untung. Pada titik ini, serapan dalam penjualan smartphone tampaknya tidak dimungkinkan sehingga LG memutuskan berfokus pada langkah-langkah pemotongan biaya, salah satunya menyetop produksi smartphone di negara asalnya.

Seperti dilansir oleh Yonhap News Agency (via Reuters), LG berencana untuk mengalihkan produksi smartphone Korea saat ini ke pabrik di Vietnam dengan tujuan membantu “membalikkan divisi smartphone yang kehilangan uang.”

Baca juga: Ini Alasan LG Tidak Mengeluarkan Smartphone di Indonesia

Saat ini, rencana produksi smartphone LG di Korea Selatan berfokus pada produksi model flagship. Tidak jelas apakah smartphone kelas menengah dan entry level juga dibuat di pabrik tersebut, tetapi hasil produksi saat ini menyumbang antara 10% dan 20% dari total produksi smartphone LG di seluruh dunia.

Selain di negara asalnya, LG masih memiliki basis produksi di Brasil, Cina, India, dan Vietnam sehingga perkembangan terbaru ini tentu saja tidak serta merta menjadi akhir cerita dari brand Korea Selatan itu.

Meski demikian, perusahaan terus mengalami penurunan penjualan dan tampaknya akan kehilangan posisi ketiga di AS oleh Motorola. Kalau di Indonesia, LG vakum mengeluarkan smartphone terbaru selama hampir satu tahun.

Baca juga: Nama LG Nyaris Tak Terdengar di Pusat Penjualan Ponsel

Dan berkaca dari penhalaman, Sony, vendor smartphone asal Jepang, hampir mustahil mencapai profitabilitas normal dan bertumbuh, tidak peduli berapa banyak upaya yang dilakukan untuk memotong biaya.

Latest