Tuesday, August 11, 2020
       
Home News Social Media Telegram Bisa Hapus Pesan Lama Terkirim

Telegram Bisa Hapus Pesan Lama Terkirim

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak tahun lalu WhatsApp telah menggulirkan delete for everyone, yakni menghapus pesan yang sudah terkirim.

Fitur ini cukup membantu penggunanya yang ingin menghapus pesan yang sudah terkirim demi kenyamanan, begitu pun Facebook Messenger yang mengadopsi fitur serupa baru-baru ini.

Telegram pun sepertinya akan melakukan hal sama. Dilaporkan The Verge, pembaruan yang dilakukan Telegram disinyalir akan menyelesaikan masalah pesan-pesan privasi yang telanjur terkirim ke pengguna lain.

Dengan pembaruan ini, Telegram sekarang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan dari akhir percakapan dan perangkat penerima.

Pavel Durov, Ceo dan Pendiri Telegram dalam akun pribadinya menjelaskan, meskipun Telegram menggunakan sistem pengawasan data, pesan yang sudah cukup lama tersimpan dimasa depan bisa digunakan untuk menjatuhkan.

Dikatakan dia, kemampuan untuk menghapus itu tidak hanya berlaku untuk pesan sendiri.

Setiap pengguna dalam obrolan dapat menghapus pesan apa pun. Dan penghapusan pesan tidak memerlukan persetujuan dari pengguna lain.

Jika proses menghapus pesan satu per satu kedengarannya memakan waktu lama, dalam pembaruan ini ada pilihan untuk menghapus seluruh obrolan.

Pembaruan Telegram juga membahas kerentanan potensial penerusan pesan. Artinya, fitur yang mampu membatasi forward pesan.

Ketika pengaturan ini diaktifkan, pesan yang diteruskan tidak akan lagi dapat terkirim ke Anda. Nantinya, hanya akan menampilkan nama yang tidak dapat diklik. Dengan cara ini, pengguna lain tidak akan memiliki bukti yang dapat diverifikasi.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest