Saturday, August 15, 2020
       
Home Smartphone Beneran Nih, Oppo F11 Pro Brilliant Portrait?

Beneran Nih, Oppo F11 Pro Brilliant Portrait?

-

Jakarta, Selular.ID – Menanggalkan Selfie Expert, Oppo memilih “Brilliant Portrait” sebagai jargon barunya. Oppo juga menambahkan kalimat “in Lowlight” mengikuti jargon barunya tersebut.

Dengan membaca jargon baru Oppo tersebut pastinya terlintas di benak bahwa smartphone baru Oppo yang mengusung jargon ini tentunya jagoan dalam menghasilkan sebuah karya fotografi.

Saya pun pastinya tergoda untuk merasakan kehebatan kamera yang dimiliki smartphone baru Oppo ini. Terutama untuk menguji kemampuan merekam gambar pada kondisi minim cahaya.

Sebelum mengeksplorasi kamera milik Oppo F11 Pro ini, saya ulas dulu spesifikasi kameranya.

Oppo F11 Pro dibekali kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP. Lensa utama menggunakan sensor beresolusi 48MP dengan aperture f/1.79. Sedangkan lensa sekunder beresolusi 5MP dengan depth sensor dan aperture f/2.4.

Kamera utama Oppo F11 Pro juga didukung fitur ultra night mode. Fitur ini mampu menangkap objek lebih baik dalam kondisi malam hari ataupun minim cahaya.

Ajang Pembuktian

Yang paling membuat penasaran dalam menguji kemampuan fotografi Oppo F11 Pro ini adalah tentunya kualitas dari 48 MP yang tersemat pada kameranya.

Dengan lensa beresolusi 48MP dengan bukaan lensa selebar f/1.79 tentunya kemampuan menangkap cahayanya akan maksimal. Saya pun mencoba menggunakan kamera Oppo F11 Pro ini untuk mengabadikan jembatan penyebrangan yang seolah menjadi ikon baru kota Jakarta.

Hasil yang didapatkan menunjukkan kamera ini memang benar-benar mampu menampung cahaya yang cukup ketika digunakan untuk memotret pada malam hari. Saturasi warna yang ditawarkan pun cukup natural.

Foto yang dihasilkan oleh kamera 48MP milik Oppo F11 Pro ini juga cukup detail. Hal ini terlihat dari tulisan Halte Gelora Bung Karno yang masih terlihat sangat detail saat diperbesar. Bukan hanya itu, jika diperhatikan kondisi di dalam bus Trans Jakarta juga masih dapat terlihat detailnya dengan baik

Berikut ini beberapa perbandingan hasil foto dari kamera 4:3 12Mp dan kamera 4:3 48MP

Ketika di-crop 100 persen, hasil foto kamera 4:3 beresolusi 48 MP mampu memberikan detail yang lebih baik.

Yang paling menyenangkan menggunakan kamera Oppo F11 Pro adalah memunculkan hobby memotret pada malam hari. Biasanya untuk memotret pada malam hari ini butuh keahlian tersendiri untuk mensetting kamera agar dapat menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang cukup dan tidak noise.

Tetapi dengan Oppo F11 Pro, mengambil foto pada malam hari semudah memencet tombol shutter, maka foto-foto cantik pada malam hari dapat tercipta.

Kemudahan ini dikarenakan kamera Oppo F11 Pro dibekali sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 berukuran photosite 0,8 mikrometer dan berbasis BSI ( backside illuminated ) yang dinamakan ISOCELL Plus.

Dengan memanfaatkan teknologi tetracell, F11 Pro akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Selanjutnya, teknologi ini akan melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif, sehingga mampu mengabadikan foto potret yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Dalam kondisi cahaya yang sangat terang, sensor dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi sampai 48MP.

 

Dengan adanya color mapping kamera Oppo F11 Pro mampu merekonstruksi warna secara akurat berdasarkan skema foto yang berbeda beda serta meningkatkan warna terlihat menjadi lebih hidup.

Untuk memotret wajah pada malam hari Oppo F11 Pro juga jagoan. Meski menggunakan mode ultra night yang notabene akan memberikan pencahayaan lebih pada objek, tetapi wajah yang menjadi objek foto akan tetap terlihat natural.

Hal ini dikarenakan fitur night mode kamera Oppo F11 Pro memiliki face protection. Jadi saat pengguna mengambil potret malam hari, OPPO F11 Pro dapat secara otomatis membedakan wajah manusia dengan latar belakang dan memberikan perlindungan khusus pada area wajah, memastikan bahawa foto portrait itu adalah bagian dari fokus gambar.

Berbeda dengan night mode sebelumnya ataupun penggunaan HDR saat difoto garis-garis wajah akan terlihat keras dan tajam, detail wajah akan lebih tajam dan tegas. Dengan face protection, Oppo F11 Pro akan berusaha melindungi wajah untuk tidak terkena efek dari penggunaan night mode yang menyebabkan permasalahan seperti disebutkan. Wajah tampil lebih cerah dan bercahaya. 

Buat saya Brilliant Portrait in Low Light pas buat jadi jargon baru Oppo lewat seri F11-nya dan memunculkan hobby baru buat saya yakni memoret pada malam hari.

 

 

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest