Jakarta, Selular.ID – Pada pergelaran MWC 2019, Oppo akan mengumumkan kehadiran teknologi baru pada fotografi smartphone. Teknologi yang menghadirkan 10x lossless zoom itu dikonfirmasi akan mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto.

Tentu saja, ramuan terbaru itu akan menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat.

Sambil menunggu inovasi Oppo pada sektor kamera smartphone dari Oppo, Selular.ID ingin menghadirkan rekam jejak perusahaan di bidang fotografi selama lima tahun terakhir.

Ya, kiprah Oppo di industri smartphone tidak bisa dipisahkan dari fotografi. Inovasi perusahaan di sektor kamera smartphone membuahkannya julukan sebagai Selfie Expert untuk jajaran Oppo F Series.

Namun inovasi Oppo bukan hanya terletak pada kamera depan, tapi juga kamera belakang smartphone. Berikut sepak terjang Oppo dalam mengembangkan 9 teknologi yang berkaitan dengan fotografi pada smartphone:

Beauty Selfie

Oppo untuk pertama kalinya memperkenalkan fitur percantik wajah pada kamera depan dengan meluncurkan perangkat Oppo U like 2 pada 2012. Dengan fitur ini pengguna bisa mendapatkan foto dengan wajah yang tirus dan kulit yang lebih halus.

Di 2017 Oppo masuk kedalam era kecerdasan buatan, fitur percantik wajah kini berjalan berdasarkan kecerdasan buatan. Perangkat R11 tercatat yang pertama kali yang diberikan kemampuan untuk mengenali wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin, usia, warna kulit dan jenis kulit untuk fitur percantik wajah yang lebih cerdas.

BACA JUGA:
Oppo F11 Pro Akan Usung Kamera Belakang 48MP

Pada 2018, saat perilisan Find X, Oppo kembali menanamkan teknologi 3D Structured light untuk fitur fitur swafoto cantik dan foto portrait secara 3 dimensional.

Pure Image Engine

Pure image technology pertama kalinya dirilis pada tahun 2013 melalui perangkat Oppo N1. Teknologi ini kemudian diperbaharui ke versi 2.0 melalu perangkat Find 7 di 2014. Dengan teknologi Pure Image 2.0, perangkat Oppo Find 7 dapat secara otomatis menyesuaikan skema warna dengan kondisi saat mengambil foto.

Dikombinasikan dengan inovasi teknologi yang terdapat pada Find 7, Pure Image 2.0 dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi melalui fitur Ultra HD yang dapat menghasilkan foto dengan detail tinggi dengan mengkombinasikan beberapa foto menjadi foto High Definition.

Rotating Camera

Pada saat pertama kali dirilis, Oppo N1 memiliki kamera putar 206. Kamera ini menyajikan prespektif baru pada fotografi smartphone dengan flexibilitasnya pada sudut pengambilan gambar. Kamera putar memiliki desain yang sangat kompleks, terdiri dari 67 komponen yang digabungkan dan dibuat dengan 100.000 kali pengujian untuk menghindari mailfungsi pada kamera yang berputar.

BACA JUGA:
Siapa Sesungguhnya Penguasa Pasar Smartphone Indonesia?

SmartSensor OIS

Diliris pada MWC 2016, Oppo Smartsensor Optical Image Stabilization dibuat menggunakan sistem antiguncang dengan 3 sumbu. Sistem antiguncang ini berbasis pada sensor, bukan pada lensa seperti yang digunakan pada perangkat smartphone yang beredar.

Sistem ini meningkatkan akurasi, penggunaan daya yang lebih rendah dan kemampuan untuk mengambil gambar lebih jelas lagi dan lebih cepat.

Dual PDAF

Oppo merilis R9 pada 2016 yang lalu. Memperkenalkan sensor IMX 398 yang dikembangkan Bersama dengan Sony. Sensor ini dikembangkan bersama dengan mengadopsi sitem dual PDAF untuk menggandakan kemampuan focusing dari masing-masing pixel sehingga meningkatkan kecepatan akurasi fokus hingga 40% dan mengurangi resiko pemotretan dengan hasil yang blur.

Dual 20MP Front and Rear Camera

Di tahun 2017, Oppo R11 mengalami peningkatan pada sisi kamera depan dan kamera utama dengan resolusi 20MP. Kamera utamanya sendiri juga ditingkatkan menjadi kamera ganda dengan kombinasi 16MP kamera wide angle dan 20MP kamera telephoto. Kamera depannya sendiri memiliki 20MP dengan lensa wide angle.

BACA JUGA:
Top 5 Tiongkok: Huawei, Oppo, Vivo Terus Mendominasi

Ultra Night Mode

Pada 2018, Oppo meluncurkan perangkat R17 pro yang dilengkapi dengan Ultra Night Mode. Mode ini dikombinasikan dengan kehadiran lensa berdiafragma ganda F/1.5 dan F/2.4 yang juga dilengkapi dengan system penstabilan gambar OIS untuk menghasilkan mode malam hari dengan hasil foto yang terang, tajam dan kaya warna hanya dengan sekali sentuhan.

5x Lossless Zoom

Diperkenalkan pada MWC 2017, teknologi 5x lossless zoom mengkombinasikan mekanisme zoom berbasis periskop, kamera ganda dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi. Terobosan kamera zoom dengan teknologi tinggi ini memungkindan diaplikasikan pada perangkat smartphone yang tipis.

10x Lossless Zoom

Pada pergelaran MWC 2019, Oppo akan mengumumkan kehadiran teknologi 10x lossless zoom yang mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat.

Oppo juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut. Perangkat ini akan menghasilkan gambar yang jernih dan hasil foto yang lebih tajam dan mengurangi blur.