Saturday, August 24, 2019
Home News James Jones: Vendor Network 5G AS Lebih Aman Daripada China

James Jones: Vendor Network 5G AS Lebih Aman Daripada China

-

Jakarta, Selular.ID – Sejumlah Negara sedang menyiapkan implementasi jaringan 5G. Dalam implementasinya, 5G membutuhkan peran serta dari operator, penyedia network, vendor smartphone, pemerintah dan pihak lain. Beberapa penyedia layanan network seperti Huawei, ZTE dan lainnya tengah menyiapkan infrastruktur 5G.

Penyedia layanan jaringan 5G tersebut didominasi oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok seperti Huawei dan ZTE. Namun implementasi 5G ZTE dan Huawei tidak berjalan mulus di sejumlah Negara. Amerika Serikat salah satunya.

Beberapa waktu lalu, Huawei dan ZTE tidak diperbolehkan untuk menyediakan layanan 5G di Amerika Serikat (AS) karena urusan keamanan. Hingga kini belum jelas apakah keamanan menjadi alasan utama dari pencekalan Huawei dan ZTE di Amerika Serikat.

Dikutip dari Phone Arena, Mantan Penasihat Keamanan Nasional era Obama, James Jones mengatakan bahwa vendor network asal China memiliki strategi marketing jitu dalam jaringan 5G dibandingkan penyedia jaringan lain. James merasa Vendor network asal China ini menawarkan jaringan 5G lebih murah dibandingkan kompetitornya. Menurut James, pemerintah China memberikan subsidi kepada perusahaannya sehingga harga jaringan 5G yang ditawarkan lebih murah.

“Kompetisi jaringan 5G semakin sengit terjadi antara vendor network asal China dan penyedia layanan 5G lain. Siapa pun yang memenangkan kompetisi ini akan menjadi pemain 5G yang sangat dominan di dunia. Vendor network asal China memberikan pesan yang menarik bagi produknya seperti murah, handal dan lainnya. Namun, perusahaan asal China tidak menyebutkan bahwa mereka akan memberikan pelatihan tentang produk mereka, membagikan teknologi mereka, memberikan enkripsi dan bermitra dengan negara domestik,” ungkap James.

Mantan Penasihat Keamanan Nasional era Obama, James Jones
Mantan Penasihat Keamanan Nasional era Obama, James Jones

5G dirasa sangat penting bagi James dalam semua aspek seperti industri kesehatan dan lain sebagainya. Jaringan 5G dapat memberikan kecepatan data hingga 20 kali lebih cepat dari 4G LTE. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan bahwa jaringan 5G menciptakan industri baru.

James mengatakan bahwa jaringan 5G yang dibuat di AS akan lebih aman. Ini akan memungkinkan warga negara untuk melakukan percakapan telepon pribadi, memungkinkan perusahaan untuk melindungi paten mereka dan membuat pemerintah AS lebih aman.

James menepis ketakutan pemerintah AS bahwa teknologi Huawei dan ZTE akan memata-matai konsumen dan pemerintah AS dan kemudian perusahaan China akan mengirimkan informasi kepada pemerintahnya.

James menerangkan bahwa operator selular di AS berhak menentukan sendiri layanan 5G dari perusahaan China atau perusahaan lain yang akan mereka gunakan.

“Anda bisa gunakan layanan 5G murah dari vendor network asal China, namun tidak menjamin masalah keamananannya. Atau Anda bisa menggunakan layanan 5G dari vendor network Amerika Serikat, walau biaya lebih mahal, tapi keamanannya terjamin,” tegas James.

Presiden Trump diperkirakan akan menandatangani kebijakan yang akan melarang operator AS menggunakan peralatan jaringan dari perusahaan Cina dalam waku dekat. Bahkan AS telah memperingatkan sekutunya untuk tidak menggunakan jaringan 5G milik perusahaan China.

Latest