spot_img
BerandaAppsInstagram Beri Tips Lindungi Diri Berinternet

Instagram Beri Tips Lindungi Diri Berinternet

-

Jakarta, Selular.ID – Instagram menyambut baik dan sangat mendukung tema Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik dalam menyambut Hari Internet Aman Sedunia 2019 yang diperingati pada 5 Februari.

Dalam memperingatinya, Instagram memastikan setiap pengguna Instagram mengetahui berbagai fitur keamanan untuk melindungi dirinya dan pengguna lain.

Dalam keterangan resminya Instagram menginformasikan, penggunanya akan menemukan beberapa tips keamanan dari Instagram dan juga dapat mengakses informasi lebih lanjut mengenai semua fitur Instagram di Pusat Bantuan Instagram.

Apa yang harus dilakukan saat melihat postingan melanggar pedoman Instagram?

Jika pengguna melihat sebuah postingan yang seharusnya tidak berada di Instagram, pengguna dapat melaporkan postingan tersebut kepada pihak Instagram. Tim Instagram bekerja sepanjang waktu untuk meninjau dan menghapus setiap postingan yang melanggar Pedoman Komunitas dengan cepat.

Untuk melaporkan sebuah postingan, Anda dapat mengklik ikon “…” di pojok kanan atas postingan atau profil seseorang. Pengguna juga dapat melaporkan komentar yang tidak pantas dengan menggeser komentar tersebut ke arah kiri. Sedangkan untuk melaporkan konten negatif di Stories, Live dan IGTV, Anda hanya perlu mengklik ikon “…” di bagian bawah layar.

Bukan hanya melaporkan postingan, pengguna juga dapat melaporkan pesan masuk yang dikirimkan seseorang melalui Direct. Anda cukup menekan dan menahan pesan tersebut selama beberapa detik dan pilih opsi “Laporkan”. Setiap laporan di Instagram bersifat anonim, sehingga orang yang dilaporkan tidak akan tahu bahwa telah melaporkan postingan mereka.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami intimidasi di Instagram?

Instagram memiliki fitur yang dapat membantu melindungi dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Jika tidak mau berinteraksi dengan sebuah akun tertentu, pengguna dapat memblokir akun tersebut, sehingga mereka tidak dapat melihat profil atau membuat komentar di postingan.

Anda juga dapat mengendalikan komentar di postingan serta dapat mengatur agar orang lain tidak dapat meninggalkan komentar di postingan. Selain itu, kami menyediakan filter yang dapat secara otomatis menyembunyikan komentar ofensif di postingan.

Filter ini diaktifkan secara default untuk komunitas global kami dan dapat dinonaktifkan di bagian pusat Kontrol Komentar yang ada di dalam aplikasi Instagram.

Untuk mengakses fitur-fitur di atas, kunjungi Pengaturan dan pilih “Kontrol Komentar”.

Baca juga :  Ini Isi Peraturan Baru OJK Soal Fintech Crowdfunding

Bagaimana cara melindungi privasi?

Supaya orang tidak dapat melihat bahwa sedang online. Untuk mengaktifkan semua fitur tersebut, pilih “Privasi dan Keamanan” di bagian Pengaturan.

Jika ada sebuah foto atau video yang ingin dihilangkan dari Feed, pengguna dapat menghapusnya dengan mengklik “Hapus” di bagian atas postingan, atau dapat mengarsipkan postingan tersebut.

Jika ingin membagikan Stories hanya kepada orang-orang tertentu, pengguna memiliki pilihan untuk membuat daftar teman dekat di Stories dan membagikan postingan hanya dengan orang-orang yang telah dimasukkan ke dalam daftar tersebut.

Untuk membuat daftarnya, pengguna harus mengunjungi profil Instagram dan mengklik pilihan “Teman Dekat” di bagian menu.

Baca juga :  Mengenal Aplikasi O Relax Pada Smartphone Oppo, Bisa Ngusir Stress!

Bagaimana cara memastikan agar akun Instagram Anda tetap aman?

Pertama, buat kata sandi yang kuat. Setidaknya, gunakan kombinasi enam karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan tanda baca (seperti ! dan &), serta hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk semua layanan internet.

Bagaimana cara mengatur Durasi di Instagram?

Instagram menyediakan sebuah dasbor aktivitas yang dapat diakses di bagian “Aktivitas”. Di bagian atas, pengguna dapat melihat dasbor yang menunjukkan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan di Instagram dalam sehari. Klik di bagian grafik harian untuk melihat total waktu yang telah dihabiskan selama satu hari.

Bagaimana cara melindungi orang lain?

Jika melihat postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri di Instagram, pengguna dapat melaporkan postingan tersebut sebagai postingan yang “melukai diri sendiri” secara anonim.

Setelah itu, jika orang tersebut membuka aplikasi Instagram, mereka akan melihat sebuat pesan yang dapat menghubungkan mereka ke beberapa sumber bantuan, seperti berbicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan atau menemukan sumber bantuan lain.

Fitur dukungan ini juga akan muncul jika seseorang mencoba mencari konten yang bersifat melukai diri sendiri di Instagram.

Instagram telah bekerja sama dengan lebih dari 40 organisasi layanan bantuan di seluruh dunia untuk membantu setiap pengguna Instagram dimanapun mereka berada.

Dan mulai minggu ini, Instagram juga akan mengaktifkan layar sensitivitas untuk konten yang menunjukkan aksi melukai diri. Gambar tersebut tidak akan langsung terlihat, sehingga akan mempersulit orang untuk menemukannya.

spot_img

Artikel Terbaru