Monday, August 26, 2019
Home News Market Update Pasar iPhone Melemah di China, Apa Sebabnya ?

Pasar iPhone Melemah di China, Apa Sebabnya ?

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar iPhone di beberapa negara terus melemah. China salah satunya. Ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Apple, Tim Cook.

Dilansir dari Ubergizmo, pengiriman iPhone di China menurun. Menurut salah seorang Strategy Analytics, pengiriman iPhone di China menurun sebesar 22%. Menurutnya, Apple mengirim sekitar 10 juta iPhone ke China pada Q4 2018.

Dibandingkan tahun sebelumnya, pengiriman iPhone terus menurun. Pada kuartal keempat (Q4) 2017, pengiriman iPhone di China mencapai 14 juta unit.

Belum ada penyebab pasti dari penurunan pengiriman iPhone tersebut. Hingga berita ini diturunkan, Apple belum memberikan keterangan resminya terkait penurunan pengiriman iPhone di China.

Para analis menyimpulkan bahwa melemahnya pasar iPhone di China karena perang dagang yang terjadi antara China dan Amerika Serikat. Perang dagang tersebut mendorong China untuk menggunakan brand lokal mereka.

Belum lama ini, sejumlah perusahaan di Cina memberikan sanksi pada karyawannya yang menggunakan iPhone. Sementara perusahaan lain di China memberikan insentif bonus kepada karyawan mereka bagi yang menggunakan brand lokal asal China.

Brand lokal asal China seperti Huawei dan Vivo memiliki peningkatan pengiriman produk mereka secara signifikan. Pengiriman smartphone Huawei meningkat dari 90,8 juta menjadi 105,1 juta dari tahun 2017 hingga 2018. Sementara Vivo mengalami kenaikan pengiriman smartphone dari 73,1 juta menjadi 79,3 juta dalam periode yang sama.

Beragam cara telah dilakukan iPhone untuk menaikan penjualannya di negeri tirai bambu tersebut. Misalnya dengan memberikan sejumlah diskon untuk produk smartphone mereka. Namun, strategi yang dilakukan Apple tersebut tidak berhasil.

Nampaknya, tidak hanya Apple saja yang terkena dampak dari perang dagang tersebut. Melainkan brand asal Amerika Serikat lainnya.

Latest